# Hadir di Lomba Hadrah Tk. Kab OKU

Detak-Palembang.com BATURAJA – Kepala Dinas (Kadin) Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, dalam sambutannya saat menghadiri lomba Hadrah/Terbangan/Syarofal Anam di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kab OKU pada Selasa (04/01/22) mengungkapkan, untuk membangun destinasi wisata ada Tiga (3) hal yang harus diperhatikan, antara lain Fasilitas, yakni bagaimana pengelola mampu melengkapi kebutuhan dan fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Kedua, Aksesibilitas merupakan jalan menuju ke destinasi. Tidak perlu mulus namun mudah dilewati dan aman bagi wisatawan. serta Atraksi, yaitu mengundang orang untuk datang ketempat lokasi destinasi wisata.

Selanjutnya, kata Kadinbudpar Provinsi Sumsel, yang tak kalah penting dalam membangun wisata agar tidak memikirkan  keuntungan/pendapatan terlebih dahulu. “Jika seseorang  memakai prinsip demikian dalam membangun wisata maka hal tersebut merupakan indikator awal dari sebuah kegagalan,” terang Aufa Syahrizal 

Diketahui bersama bahwa Desa Pusar di tahun 2021 meraih Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 dengan kategori souvenir. Dalam menindaklanjuti penghargaan yang telah didapat, Aufa Syahrizal berpesan Kepala Desa, Tokoh adat (Todat), Tokoh agama (Toga), Tokoh masyarakat (Tomas), serta masyarakat agar dapat menjadikan Desa Pusar sebagai sentra industri pariwisata untuk Kabupaten OKU.

Disampaikan juga bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel telah membentuk organisasi Masata (Masyarakat Sadar Wisata) dengan berisikan orang orang yang memiliki pribadi peduli terhadap pariwisata. “Sehubungan dengan hal tersebut kiranya Kadin Pariwisata Kabupaten OKU dapat membentuk hal yang serupa, dengan mencari orang yang benar benar peduli dengan wisata,” pungkas Aufa Syarizal.