// Perayaan HUT PDIP ke-49 dan HUT Megawati Soekarno Putri

Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas melakukan penanaman pohon di Palembang, dalam rangka peringatan HUT ke-49 PDIP dan HUT ke-75 Megawati Soekarno Putri (Dok. Humas PDIP Sumsel / Detak-Palembang.com)

PALEMBANG –Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan (PDIP) ke-49 Tahun (10 Januari 1973-10 Januari 2022) dan Hari Ulang Tahun ke-75 Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ( 23 Januari 2022), dirayakan DPD PDIP Sumatera Selatan (Sumsel) dengan melakukan penanaman pohon bersama.

Aksi penghijauan lingkungan tersebut digelar di kawasan Jalan Sungai Lacak RT 21 RW 06 Desa Talang Kemang Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Palembang, Minggu (23/1/2022).

Turut hadir Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas , Ketua dan Fungsionaris DPC PDI Perjuangan Kota Palembang, Fungsionaris PAC PDI Perjuangan yang ada di kota Palembang, Anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Sumsel, Fungsinaris sayap dan badan PDI Perjuangan, Camat dan Lurah Gandus.

Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas mengatakan, kegiatan tersebut sebagai rangkaian HUT PDIP ke-49, juga sebagai hadiah kepada Megawati Soekarno Putri yang bertambah usia.

“Kami melakukan penanaman pohon yang di lokasi, ada sekitar 1.000 pohon yang kita tanam. Di Sumsel, acara yang sama juga digelar. Inilah yang bisa kami berikan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri dan memberikan hadiah kepada ibu pertiwi bahwa kita tetap menjaga kelestarian alam,” katanya, Senin (24/1/2022).

Dia mengharapkan dengan penanaman pohon tersebut, dapat memberikan hasil dan manfaat di tanah Bumi Pertiwi, terutama di Sumsel.

Pihaknya juga mengarahkan DPD PDIP seluruh Sumsel, untuk melakukan kegiatan yang sama agar serentak seluruh Sumsel. Berbagai bibit tanaman yang ditanam yakni bibit duren, bibit lengkeng dan mayoritas tanaman buah-buahan.


Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramandha N Kiemas melakukan penanaman pohon di Palembang, dalam rangka peringatan HUT ke-49 PDIP dan HUT ke-75 Megawati Soekarno Putri (Dok. Humas PDIP Sumsel / Detak-Palembang.com)

“Kecuali nanti di beberapa pinggiran sungai ini, akan ditanam pohon kelapa dan pohon-pohon yang bisa menahan abrasi sungai, untuk dipinggir areal sungai,” katanya.

Ketua Panitia pelaksana penanaman pohon , Basroni menjelaskan, kawasan penanaman pohon tersebut juga, akan dijadikan tempat percontohan yang bukan hanya menanam saja, tapi juga merawat sampai besar.

“Ada sekitar 300 batang pohon buah yang telah kita tanam, akan kita pelihara sampai berbuah sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Di lokasi tersebut juga, dibangun joglo untuk dijadikan tempat pelatihan kader PDIP. Kader-kader PDIP Sumsel yang akan merawat pohon-pohon tersebut.

“Jangan sampai nanti sudah ditanam mubazir seperti dilakukan di beberapa daerah. Ternyata setelah menanam, tidak dilakukan dirawat dan dimakan hama. Akhirnya tidak sesuai dengan ekspektasi kita akhirnya program ini tidak bisa berjalan,” ucapnya.

Kegiatan menanam pohon tersebut, lanjutnya, akan diterapkan semua DPC PDI Perjuangan Se-Sumsel. Yakni dari PAC hingga ke ranting hingga anak ranting, dengan melakukan penanaman pohon seperti tersebut.