Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) Melakukan peninjauan ke Laboratorium PT. GMZ Biomega Utama yang beralamat di Jl. R. Soekamto No. 29C Palembang. (PT. GMZ Biomega Utama, Palembang, Kamis, 20/1/2022)

Dikesempatan tersebut HD meninjau beberapa jenis tanaman yang dikembangkan oleh PT. GMZ Biomega Utama dalam meningkatkan kualitas tanaman, diantaranya Tanaman Pisang, Tanaman Nanas dan Tanaman Hias Anggrek.

Melihat hal tersebut HD mengatakan bahwa pemerintah harus ikut berperan dalam mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk dapat menanam dalam mensukseskan program Sumsel Mandiri Pangan.

“Saya ingin ini dapat dikembangkan pada tanaman lainnya, terutama tanaman yang menjadi kebutuhan pokok agar dapat ditingkatkan kualitasnya serta ada kemanfaatan lain”, ucap HD.

Selain itu HD juga menyampaikan bahwa bibit siap tanam akan ditanam di Kota Palembang sebagai percontohan dan jika ini berhasil maka dapat ditiru oleh Kab/Kota lainnnya.

“Setelah ini kita minta GMZ agar masyarakat dapat dimudahkan dalam memperoleh bibit unggul untuk mendukung program SMP dan ini akan kita kerjasamakan dengan GMZ”, tutur HD.

HD juga rencananya akan menanam bibit tersebut dilahan gambut agar lahan gambut yang selama ini kosong dan berpotensi menjadi penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan dapat menjadi lahan yang lebih produktif.

Turut hadir Direktur Utama PT. GMZ Bimega Utama, Andrew Gomez, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Dr. Ir. H. R. Bambang Pramono, M.Si, Kasat Pol PP Prov. Sumsel,M. Aris Saputra, S.Sos, M.Si, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM.