Detak-Palembang.com – Palembang , RSUP Dr. Rivai Abdullah sebelumnya dikenal sebagai RS Kusta Sungai Kundur merupakan Rumah Sakit yang didirikan pada tahun 1914 yang menjadi tempat pengasingan bagi penderita penyakit kusta. Seiring dengan menurunnya kasus kusta di Sumsel, maka statusnya berubah menjadi RS Umum yang melayani masyarakat Sumsel. (Mariana Banyuasin, Rabu, 5/1/2022)

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) saat menghadiri Peresmian Gedung Pelayanan A RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang serta Peresmian unit Pelaksana Fungsional pengamanan fasilitas kesehatan (UPF PFK) Palembang oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

“RSUP Dr. Rivai Abdullah merupakan rujukan dari 10 provinsi di Pulau Sumatera dan akan menjadi Pusat pelayanan kesehatan di Sumsel. Saya menginginkan setiap Rumah Sakit di Sumsel memiliki satu keunggulan, seperti RSUD Siti Fatimah yang dipersiapkan untuk RSUD khusus Jantung. Jadi Sumsel nantinya akan dikenal sebagai Health Tourism ” jelas HD.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan 3 tugas dari Presiden RI Joko Widodo dimasa Pandemi ini, yaitu : mempercepat eksekusi vaksinasi, mengatasi pandemi dan melakukan reformasi total di bidang kesehatan.

” Sudah saatnya Pelayanan Kesehatan saat ini jangan terfokus pada penyakit saja, tapi bagaimana mencegah jangan sakit dan menjaga tubuh tetap sehat. Jadi lebih ke preventif. Itu hal yang lebih murah dan efektif dilakukan” tegas Budi.

Terkait dengan Vaksinasi, saat ini di Indonesia sebanyak 166 jt orang atau target capaian 80%, dan Indonesia masuk rangking 5 dunia

Direktur Utama RSUP Dr. Rivai Abdullah, dr. Zubaidah Elvia menyampaikan jika RSUP ini mulai didirikan pada bulan Juli 2019, memiliki 410 pegawai, selain melayani masyarakat, juga turut mensukseskan Program Vaksinasi sebanyak 10.000 dosis.

Diakhir acara dilakukan penandatangan prasasti oleh Menteri Kesehatan RI dan peninjauan ke ruang gedung.

Turut hadir Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, Para Forkopimda Prov Sumsel, Para Kepala OPD Prov Sumsel dan Kab. Banyuasin.