Aktivitas warga di taman edukasi Kota Pekanbaru (Foto-gereget.id)

Detak-Palembanh.com – Jakarta , Gotong royong menjadi budaya yang mengakar di masyarakat Indonesia sejak dulu. Dalam kegiatan bermasyarakat, aksi gotong royong seringkali dilakukan di lingkungan rumah atau tempat tinggal.

“Gereget.ID sebagai Gerakan Gesit Bangun Negeri memiliki inisiatif  menjaga budaya gotong royong, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum reda, ” ujar Ketua Gereget. Id Iyan Rosyidi di Jakarta, Sabtu (22/2/2022).

Gereget mengajak semua lapisan masyarakat  Bangkit Sama-sama menghadapi kondisi yang tengah terjadi secara gotong royong melakukan pemulihan di sejumlah sektor, di antaranya ekonomi, sosial, dan olahraga, serta seluruh kegiatan yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui Gereget, lanjut Iyan, kita bangkit sama-sama  memulai kembali aktivitas dan kegiatan warga yang sebelumnya terhenti.

“Kita Bangkit Sama-Sama untuk memperbaiki dan mengaktifkan kembali fasilitas publik dan fasilitas sosial agar bisa digunakan kembali seperti sebelum Covid-19, ” tuturnya.

Dikatakan, dalam upaya membangkitkan kembali seluruh sektor yang ada di masyarakat, khususnya ekonomi kreatif, Gereget.ID mengadakan lomba kreatif bagi para jurnalis dan insan kreatif Indonesia dengan hadiah total 80 juta rupiah.

Mengusung tema ‘Bangkit Sama-Sama’ digelar mulai 1 Januari – 6 Februari 2022, meliputi lomba menulis artikel, kreatif foto, merekam video, dan membuat konten TikTok. Konten yang dibuat berisi aktivitas warga di sekitar lokasi fasilitas sosial dan fasilitas umum yang ada di sekitar lingkungan. Aktivitas warga tersebut menunjukkan pulihnya kegiatan warga yang sebelumnya terdampak covid- 19.