Detak-Palembang.com – BATURAJA – Hari pertama masuk kerja pada tahun 2022 ini, Plh Bupati OKU Edward Candra didampingi Asisten III Setda OKU Romson Fitri, Kepala BKPSDM Mirdaili melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik.
Hal itu, selain untuk memastikan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN), juga untuk memotivasi kinerja ASN pada hari pertama masuk kerja tahun 2022 ini.

Sidak pertama dilakukan pada Dinas Perhubungan Kabupaten OKU. Di sana, Edward Candra langsung mengecek kehadiran ASN dan melihat kondisi kantor. Hasilnya, secara umum ASN hadir semua, sesuai ketentuan dari pemerintah tentang kehadiran ASN di hari pertama kerja pada tahun 2022 ini.

Sidak lalu dilanjutkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Dinas Pendapatan Daerah, dan Kantor Dinas Lingkungan Hidup.

Menurut Plh. Bupati OKU Edward Candra, secara umum pelayanan di seluruh OPD telah berjalan dengan baik di hari pertama ini. “Perkantoran sudah siap bekerja kembali artinya pelayanan publik berjalan normal,” ungkapnya.

Sementara itu, saat sidak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik, Edward Candra bertanya kepada warga masyarakat seputar pelayanan yang dilakukan pemerintah daerah di hari pertama kerja pada tahun 2022.

Di sisi lain, kepada petugas Disdukcapil, Edward Candra meminta agar dapat memberikan pelayanan yang baik bagi warga masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.

Momen sidak ini dimanfaatkan Plh Bupati OKU untuk memotivasi seluruh ASN agar dapat meningkatkan disiplin, meningkatkan kinerja, serta menciptakan suasana kantor yang nyaman untuk bekerja. Menurut Plh Bupati OKU, hal itu penting, karena sangat berpengaruh bagi kinerja ASN.

Edward Candra mengatakan, apabila suasana kantor bersih dan nyaman akan memberi energi positif. Secara umum suasana perkantoran, mulai dari tata ruang, kebersihan, sudah bagus. “Memang masih ada yang kurang. Nanti akan kami evaluasi kembali,” pungkasnya.