Detak-Palembang.com – Palembang Walikota Palembang Harnojoyo meninjau secara langsung bagaimana lajunya proses Proyek Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang telah berlangsung semenjak bulan Mei 2021, dengan perkiraan telah selesai 80%, dia yakin pembukaan bisa secara resmi dilaksanakan paling lambat Januari 2022.

Proyek ini mengambil sebagian dari sungai untuk diperdalam, dibersihkan, dan dipercantik. Restorasi atau pengindahan sungai ini berambisi untuk menjadikan sungai Lambidaro sebagai sasaran turisme dan hiburan.

Harnojoyo menilai bahwa 80% dari total pekerjaan yang diperlukan telah selesai dilaksanakan, menyisakan pedestrian di samping kanan dan kiri sungai sebagai fokus utama.

“Kalau saya lihat, sudah 80-90% ini sudah selesai, jadi tinggal kita kerjakan pedestriannya agar terlihat cantik dan kita buatkan pelindung di sekitaran sungainya supaya anak-anak terjauh dari bahaya,”

Rumah warga yang berada di sekitaran sungai juga direncanakan untuk diperbaharui agar sedap dipandang mata, Walikota Palembang ini mengatakan bahwa akan disiapkan program CSR (Corporate Social Resposibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendanai masyarakat yang ingin mempercantik rumahnya, atau bahkan membuka usaha kecil.

Untuk kemudahan akses, telah direncanakan pembangunan 2 unit jembatan baru yang akan menghubungkan sungai, Harnojoyo menjelaskan jembatan lengkung ini akan dibangun tahun depan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII.

Proyek kebanggaan kota Palembang ini diharapkan dapat menjadi pembawa turis dan pengunjung, Harnojoyo menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Palembang terutama yang tinggal di daerah sekitar untuk turut serta menjaga dan melestarikan bukan hanya sungai Lambidaro tapi juga seluruh aliran air yang ada di kota batang hari sembilan ini.