Detak-Palembang.com – Banda Aceh – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 76 Tahun 2021, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/Aceh Besar menggelar Yasinan dan Do’a bersama untuk mendoakan para pahlawan atas pejuang yang telah mempertahankan kemerdekaan bangsa, Rabu (15/12/2021).

Kegiatan yang digelar di Mushola Makodim 0101/Aceh Besar Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh itu dipimpin Kepala Staf Kodim 0101/Aceh Besar Letnan Kolonel Inf M. Fahdi, SH dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19.

Usai kegiatan tersebut, Kasdim 0101/Aceh Besar Letkol Inf M. Fahdi, SH menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan keselamatan bangsa Indonesia agar senantiasa dapat menjaga persatuan dan kesatuan serta berdoa semoga pandemi Covid 19 cepat berakhir.

“Ini kita lakukan untuk meminta keselamatan bangsa dari segala musibah termasuk pandemi Covid 19 kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kasdim.

Dijelaskan, peringatan Hari Juang TNI AD merupakan refleksi atas masa perang kemerdekaan. Sejarah mencatat sebuah peristiwa heroik yang dikenal dengan nama Palagan Ambarawa yaitu Sebuah pertempuran di daerah Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945 silam.

“Demi menghormati perjuangan para pahlawan yang gugur dalam Palagan Ambarawa, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang TNI yang saat ini merupakan hari jadi TNI-A