Detak-Palembang.com – Palembang , Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya melaunching Aplikasi Saripati , Sistem Akselerasi Penempatan Tenaga Kerja Terlatih merupakan aplikasi yang mendukung dalam  mengurangi pengangguran di Sumsel. (Bina Praja, Rabu 22/12/2021)

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi apa yang tekah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Sumsel dalam memudahkan urusan ketenaganegakerjaan baik tenaga  kerja dan perusahaan pencari Juga keoada perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas” ujar MY.

Dilanjutkannya,  Siapa saja apapun keadaan fisiknya dan sesuai  kemampuan masing-masing  memiliki hak untuk berkarya dan bekerja. Disinilah peran perusahaan untuk memberikan lapangan kerja bagi penyandang  disabilitas.

“Tenaga kerja muda harus berinovasi dengan mengikuti era digital. Jika tidak oerusahaan akan ketinggalan zaman. Libatkan UMKM di Sumsel agar jumlah pengangguran di Sumsel dapat dikurangi” tambahnya.

Terakhir MY berpesan Walau di Sumsel Covid-19 sudah melandai, namun kita semua harus tetap waspada dengan menerapkan prokes dimana saja termasuk di tempat bekerja. Perusahaan harus mengawasi  agar karyawan tetap menerapkan prokes.

Dalam Laporannya  Kadisnakertran Prov Sumsel Drs. H. Koimuddin SH, MH menyampaikan Start-up  Saripati dapat membantu integritas penempatan tenaga kerja antara perusahaan pencari tenaga kerja dan pencari kerja.

” Aplikasi ini juga bertujuan mengelola potensi kreatif generasi milenial, karen kedepannya tidak ada pemuda yang  tidak mengenal kehidupan tanpa teknologi”ujar Koimuddin.

Dalam acara ini juga diberikan penghargaan kepada perusahaan di Sumsel yang mempekerjakan penyandang disabilitas, yaitu PT. Shima Prima Utama dan PT Sumber Alfaria Trijaya tbk (Alfamart)
.
Turut hadir FKPD Prov Sumsel, Para Kepala OPD Prov Sumsel dan Kepala Disnakertrans Kabupaten/Kota