Detak-Palembang.com РPalembang , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A, secara virtual memuji dan mengapresiasi penyelenggaraan ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 yang digelar Pemprov Sumsel melalui Dinas Pariwisata Sumsel bekerjasama dengan harian Sumeks, Jumat (24/12).

Menurut Sandiaga kegiatan ini sangat membanggakan. Diapun berharap melalui ajang penghargaan ini dapat meningkatkan kesadaran bagi desa yang memiliki potensi wisata untuk dapat lebih menggali keunggulannya dan menemukan formula untuk.lwbuh memajukan desanya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman mengatakan secara tegas kepada pengelola wisata di desa untuk jangan hanya mengedepankan profit dan komersial dalam mengelola potensi wisata yang ada.

” Kalau di awal sudah mikirnya balik modal kapan, untung berapa itu bisa jadi awal kehancuran. Jangan dulu mikir itu, kita kenalkan dulu, promosilan, kita ramaikan dulu nanti baru lihat dampaknya secara ekonomi,” ujar Herman Deru.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H.R.M, Zaini, SH.MH.I, Pangdam II Sriwijaya diwakili oleh Kapendam II Sriwijaya, Kolonel CAJ Jono Marjono, Kapolda Sumsel diwakili Dirpamobvit Kombespol Mirzal Alwi, S.IK, Kajati Sumsel diwakili Asintel I. Gede Ngurah Sriada SH.MH, KPT Sumsel, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Sumsel Hj Samantha Tivani B.Bus. M.IB dan sejumlah peserta ajang anugerah pesona desa wisata provinsi Sumsel.
Adapun pemenang anugerah tersebut masing-masing

Kategori Daya Tarik Wisata

1. Desa Wisata Gunung Dempo Kota Pagaralam
2. Kampung Sugih Waras Kenangan, Kota Palembang
3. Desa Wisata Gajah Mati Kab Muba

Kategori Homestay

1. Desa Wisata Kota Batu OKU Selatan
2. Desa Wisata Gunung Dempo Pagaralam
3. Desa Wisata Tanjung Menang Kab Lahat

Kategori Souvenir

1. Desa Wisata Sri Mulyo Kab Musi Rawas
2. Desa Wisata Pusar Kab OKU
3. Desa Wisata Bukit Layang Kab Muratara

Kategori Toilet

1. Desa Wisata Danau Suji Muara Enim
2. Desa Wisata Sumber Mulya Kab OKI
3. Desa Wisata Bukit Layang Kab Muratara

Kategori Favorit

Desa Wisata Bandar Agung Kab Empat Lawang