Detak-Palembang.com – Palembang , Upaya Pemprov Sumsel dalam mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan yang diinisiasi Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru semakin masif. Berbagai sektor dan stakeholder dikerahkan agar  program tersebut berjalan yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. (Museum Tekstil, Sabtu 4/12/2021)

Seperti yang digagas Ketua TP-PKK Prov Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru kali ini, melalui Festival Rempah yang berlangsung di Museum Tekstil Palembang selama 2 hari Tgl. 4-5 Desember 2021.

Acara yang dibuka Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru ini diikuti TP-PKK Kabupaten/Kota se Sumsel. Dalam sambutannya HD mengapresiasi lokasi acara, Museum Tekstil, yang merupakan cagar budaya yang harus dijaga baik dari bentuk maupun fungsinya.

” Kemarin  kita sudah  hadir di Launching Sumsel Mandiri Pangan , hari ini dengan stakeholder, TP-PKK Prov Sumsel melalui Festival Rempah dengan tujuan agar keberagaman dan potensi rempah Sumsel dapat dikenal masyarakat luas dan dapat diolah menjadi beragam produk yang dapat dikonsumsi bahkan dijual untuk mendapatkan tambahan penghasilan keluarga” ujar HD.

Ditambahkan HD, di Tahun 2022 fokus Sumsel  Mandiri Pangan  pada  sosialisasi ke Kabupaten/Kota, termasuk pemanfaatan rempah.

Terkait pameran makanan bingen yang dipamerkan hari ini yang diikuti UKM lokal, HD mengingatkan ICSB Sumsel jangan menjadi koordinator  saja, Tapi  bagaimana men trigger setiap usaha agar jangan ketinggalan zaman tanpa meninggalkan kearifan lokal.

Ketua Panitia Festival rempah Hj. Febrita Lustia Herman Deru menyampaikan Festival Rempah bertujuan menggali dan mengenalkan lebih banyak lagi kekayaan sumsel rempah agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk diolah menjadi  makanan dan minuman kesehatan. Selain itu sebagai Upaya Peningkatan penghasilan keluarga.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah lomba gerak PKK dari  TP-PKK Kabupaten/Kota se Sumsel.

Turut hadir Wk. Ketua TP-PKK Prov Sumsel Hj Fauziah MY, Dirut BSB H. Syamsudin, Korwil ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani B.Bus, MIB, Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota dan Para Kepala OPD Prov Sumsel