DETAK-PALEMBANG.COM – Dalam tugasnya mencerdaskan kehidupan bangsa, para Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau senantiasa untuk meningkatkan budaya berprestasi yang kompetitif. Hal ini untuk menciptakan karakter siswa yang kreatif dan intelektual di era new normal, yang sesuai dengan tema Pekan Raya Biologi 2022 yaitu “Tingkatkan Intelektual dan Kreativitas Generasi Muda di Era New Normal”, serta meningkatkan kemampuan diri melalui cabang-cabang perlombaaan yang ada. Usai sukses dengan PRB 2020 lalu, Pekan Raya Biologi (PRB) hadir kembali untuk mereka yang siap mengasah kemampuan di ajang bergengsi ini.

PRB merupakan transformasi dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unri tiap tahun. Kegiatan PRB ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. Agenda yang mencakup Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Nasional ini menyajikan serangkaian perlombaan, seperti Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA), Essay Opini (SMA), Essay Ilmiah (Perguruan Tinggi), Fotografi (SMA, Perguruan Tinggi, dan Umum), serta Desain Poster (SMP-SMA, Perguruan Tinggi, dan Umum).

Selain perlombaan juga terdapat Webinar Pendidikan dengan cakupan Nasional. PRB 2020 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan. SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Tualang.

Tahun lalu lebih dari 1000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan pada PRB 2020. Olimpiade ini akan berlangsung pada minggu kedua bulan Februari 2022 mendatang yang mencakup peserta tingkat SMP-SMA- Perguruan Tinggi se-Riau serta Umum, Kepulauan Riau dan Nasional. Acara Pekan Raya Biologi ini direncanakan berlangsung secara daring.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Sri Wulandari, M.Si menuturkan, bahwa persaingan secara sehat di dunia pendidikan dapat terus membuat dunia pendidikan menjadi berinovasi dan pada akhirnya inovasi ini akan membuat Indonesia bisa melakukan pembangunan yang berkelanjutan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Para panitia sedang mempersiapkan dengan matang agar PRB 2022 dapat berjalan dengan optimal meski di kondisi saat ini. “Walaupun Pekan Raya Biologi pada tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring tapi kami akan mengusahakan agar PRB ini tetap berkesan bagi peserta yang berpartisipasi” tutur R. Naufal Khairy selaku ketua PRB 2022.

Naufal juga menuturkan bahwa tengah mempersiapkan dan mengkoordinasi konsep acara mendatang. “Kami akan memberikan yang terbaik, karena PRB merupakan salah satu acara terbesar di Program Studi Pendidikan Biologi UNRI, dan acara ini juga membawa nama baik Kampus dan Prodi”, ujar Naufal.

Pendaftaran untuk PRB 2022 akan segera dibuka bulan Desember ini bertepatan pada tanggal 24 Desember 2021, sedangkan untuk penyelenggaraannya akan diadakan tanggal 14-18 Februari.

Naufal berharap antusiasme untuk acara yang besar ini lebih besar daripada tahun lalu. Akan ada banyak pengalaman dan ilmu yang akan kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi ini, Ayo persiapkan dirimu pada Februari mendatang! Ayo semangat berkarya cerdaskan bangsa!