Khalawi AH

Detak-Palembang.com – Jakarta , Pada setiap organisasi pemerintah membutuhkan SDM yang profesional dan kompeten. Untuk itu dilakukanlah seleksi, mutasi, rotasi maupun promosi yang sejalan dengan pengembangan karier dan kebutuhan organisasi, termasuk di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) yakni Khalawi AH sebagai Kepala BPSDM PUPR menggantikan Sugiyartanto yang telah memasuki

Pergantian jabatan di BPSDM PUPR ini merupakan yang biasa terjadi sebagai bagian dinamika dalam suatu organisasi dan memelihara roda administrasi yang bersifat sementara, maka dari itu penyiapan untuk regenerasi SDM PUPR yang andal, berkualitas, berintegritas, profesional dan visioner mutlak diperlukan.

Dalam rapat koordinasi pimpinan, Selasa (21/12), Khalawi AH menyampaikan arahan terkait tugas yang harus segera dilaksanakan. BPSDM sebagai Badan yang bertugas melakukan pengembangan SDM PUPR memiliki tugas dan tantangan yang cukup berat. Beberapa tugas BPSDM turut menjadi sorotan Khalawi dalam penyelenggaraan Tahun Anggaran 2022, diantaranya penyelenggaraan pendidikan di Politeknik PU, Beasiswa Pendidikan Magister Super Spesialis Non Teknis yang akan dilaksanakan di tahun 2022, Pelatihan dan pengembangan talenta.

Selanjutnya Khalawi menambahkan untuk melakukan pengembangan SDM tentunya BPSDM tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan juga kolaborasi keterlibatan semua pihak terkait. “Membangun SDM melibatkan seluruh pihak-pihak. Saya kira jangan hanya mengandalkan kekuatan kita, saya kira kita bisa membangun kolaborasi. Kita juga mungkin bisa meningkatkan SDM kita, kita kolaborasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan lainnya, dengan perguruan tinggi, mitra-mitra kita,” ujar Khalawi.

Khalawi juga kembali mengingatkan, dalam 3 tahun kedepan Bapak Menteri PUPR akan menyiapkan SDM yang kuat dan berAkhlak. Maka BPSDM harus siap menghadapi hal tersebut. “Dan kita jangan terlena, waktu berjalan terus. Saya kira kita harus membuat roadmap yang jelas,” ungkap Khalawi.

Untuk itu Khalawi selanjutnya akan mengagendakan penyusunan roadmap BPSDM selama 3 tahun kedepan dan berharap tentunya tetap dengan satu Visi Kementerian PUPR yakni Sigap Membangun Negeri. (Abdi)