Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto

Detak-Palembang.com – Palembang , Sebanyak 3.183 pasukan gabungan disiagakan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di Sumatera Selatan . Pasukan bertugas dalam Operasi Lilin Musi 2021 akan menindak setiap pelanggar protokol kesehatan dan pihak yang akan mengancak Kamtibmas.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi yahya  mengatakan ribuan pasukan tersebut terdiri dari 1.508 personel dari Polda Sumsel dan 1.618 personel TNI, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan organisasi relawan.

“Merupakan komitmen kami menghadapi Natal dan Tahun Baru, tugas mereka supaya menciptakan kamtibmas terkhusus mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” kata Mawardi, usai apel gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2021, Kamis (23/12/2021).

Sementara itu, Kapolda Sumsel  Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, ribuan pasukan tersebut disiagakan disebanyak 76 pos pengamanan dan tujuh pos sekat diperbatasan provinsi, sampai satu pekan setelah malam tahun baru 2022.

“Tugas utama lebih banyak dalam pencegahan. Tapi tetap diimbangi masalah penegakkan hukum. Setiap pelanggar protokol kesehatan dan ancaman kamtibmas tetap ditindak sebagaimana mestinya,” katanya,

Menurut dia, sebagaimana instruksi dai Kapolri dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru ini pihaknya menerapkan sistem pengamanan terbuka dan tertutup, sehingga terbebas dari apapun potensi ancaman keamanan terhadap umat dalam beribadah dan objek vital negara. “Juga ada pengamanan terbuka dan tertutup,” katanya.