Detak-Palembang.com – Palembang , Berbagai upaya dilakukan Pemprov Sumsel agar sistem Pelaporan Masyarakat terus dapat ditingkatkan dan disempurnakan lagi sampai ke tingkat Kabupaten/ Kota di Sumatera Selatan. Mulai dari sosialisasi, tata cara pengelolaan, pelaporan hingga monitoring dan evaluasi. (Palembang, Selasa 30/11/21)

Didasari hal tersebut, Pemprov Sumsel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Rakor dan Sosialisasi Rencana Aksi (RA) Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! se-Sumatera Selatan Tahun 2021.

Kegiatan dibuka Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili Asisten I Administrasi dan Umum Prov Sumsel Drs. Nelson Firdaus MM.


.
“Pengelolaan pengaduan sangat penting karena menjadi muara dari perbaikan reformasi birokrasi khususnya pelayanan publik, juga upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat. Prestasi ditorehkan Pemprov Sumsel pada Tahun 2019 dan 2020 dinobatkan sebagai TOP 25 dan 30 Nasional sebagai salah satu lembaga dalam penerapan Pengaduan Publik. Saat ini Pemprov Sumsel sedang mempersiapkan Road Map dan RA Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Prov Sumsel Tahun 2021-2024” ujar Nelaon.

Kadis Kominfo Prov. Sumsel H. Achmad Rizwan SSTP MM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi secara bersama SP4N-LAPOR! dan Kemenpan RB terutama pada saat pandemi Covid-19, Kolaborasi dan sinergi yang dilakukan melalui forum ini, diharapkan dapat mempercepat limit kerja dimasa pandemi serta menyusun rencana kerja untuk kedepannya.
.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN & RB RI Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA secara virtual menyampaikan Masyarakat berhak mendapat pelayanan publik secara cepat, adil dan transparan, pemerintah harus bersikap terbuka untuk menerima aspirasi publik yang disampaikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menciptakan pelayanan yang sesuai dengan keinginan masyarakat.
.
Turut hadir Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumsel Adrian Agustiansah SHMH, Analis Pengaduan Masyarakst ADM pelayanan publik Tomi Putra Gunawan S.Kom, Para Kepala Dinas Kominfo Se kab/kota di Sumsel.
.