Wali Kota Palembang Harnojoyo

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akan mendaftarkan para pekerja harian lepas (PHL). Hal itu sesuai inpres nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal itu diutarakan Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo usai audensi bersama BPJS ketenagakerjaan cabang Palembang, Selasa (19/10/2021)

” Perlindungan sosial ini sangat penting, Karena mereka berada di lapangan bakal kita ikut sertakan BPJS ketenagakerjaan,”katanya

Dilanjutkannya, pihaknya akan meminta BKPSDM kota Palembang jumlah PHL yang berada di lingkungan pemerintah kota Palembang.

” Kalau untun non-PNSD itu sudah selesai ada sekitar 4100 yang di daftarkan, dan sekarang PHL karena itu keinginan kita mengikut sertakan,”ucapnya

Meski demikian, kata harnojoyo dalam mengikut sertakan PHL tersebut akan melihat kondisi keuangan pemerintah kota Palembang itu sendiri.

“Oleh sebab itu, kita terus berupaya optimalisasi anggaran PAD kota Palembang,” katanya

Menurutnya, dengan keikutsertaan BPJS ketenagakerjaan ada banyak manfaat yang di terima dari PHL, terutama terkait perlindungan sosial, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian.

“Sebab betapa besar berupa perlindungan sosial, jangan sampai ada hal sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi,” terangnya.

Kepala cabang BPJS ketenagakerjaan kota Palembang Ibkar Saloma terkait perluasan perlindungan sosial sangat penting di miliki para pekerja informal atau PHL.

” Terimakasih atas walikota Palembang yang sudah memberikan perlindungan jaminan sosial terhadap pekerja dibawah lingkungan pemerintah kota Palembang,”katanya