Mantan Pj Wako Palembang AN jadi tersangka dugaan kasus korupsi dana Masjid Raya Sriwijaya (Detak-Palembang.com)
Mantan Pj Wako Palembang AN jadi tersangka dugaan kasus korupsi dana Masjid Raya Sriwijaya (Detak-Palembang.com)

DETAK-PALEMBANG , PALEMBANG – Dugaan korupsi dari dana hibah pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), kembali menjerat para pejabat penting di Sumsel.

Kali ini, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel menetapkan eks Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Palembang AN, sebagai tersangka dugaan korupsi dana hibah Masjid Raya Sriwijaya.

Selain pernah menjabat sebagai Pj Wako Palembang, AN pernah menduduki jabatan sebagai Asisten I Biro Kesra Setda Sumsel, hingga Sekda Sumsel.

Penetapan tersangka oleh Kejati Sumsel, dilakukan pada hari Jumat (1/10/2021). Tak hanya menyandang status tersangka, AN juga langsung ditahan oleh Kejati Sumsel.

Najib tidak sendirian. Ada juga beberapa pejabat yang juga menyandang status tersangka. Yakni Kepala Bagian (Kabag) Keuangan BPKAD Sumsel AG dan LK, Leader Project PT Indah Karya.

Dana hibah pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang tersebut, memakan anggaran Rp 130 miliar di tahun 2017 lalu.

Sebelum AN, tersangka lainnya yang sudah diamankan yakni EH, SY, YA dan DK. Jumlah tersangka kembali bertambah, dengan munculnya nama mantan Sekda Sumsel, MS, dan mantan Pelaksana tugas (Plt) Karo Kesra Sumsel AH.

Tak hanya itu, mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan mantan Ketua KOI pusat, MM, turut menjadi tersangka dan diamankan.

Diungkapkan Kasi Penkum Kejati Sumsel, Khaidirman, AN saat ini ditetapkan tersangka oleh penyidik Kejati Sumsel, dan langsung dilakukan penahanan

“Ya, hari ini tetapkan tersangka AN dan dua orang lainnya. Ketiganya ditahan selama 20 hari kedepan,” katanya, Sabtu (2/10/2021).