Gubernur Sumsel Herman Deru
Gubernur Sumsel Herman Deru

DETAK-PALEMBANG.COM, PALEMBANG – Warga Sumatera Selatan (Sumsel) harus lebih waspada, terhadap kasus penularan COVID-19. Pasalnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di Sumsel, sudah taka da lagi.

Dari update Pemerintah Pusat, PPKM yang diperpanjang hingga 8 November 2021 mendatang, status PPKM di Sumsel mengalami kenaikan.

Sebelumnya diketahui, Sumsel memiliki satu daerah berstatus PPKM Level 1, yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Namun kini, Muba naik level menjadi PPKM Level 2.

Bahkan, PPKM Level 3 yang awalnya hanya ada di satu daerah saja, tapi kini bertambah menjadi 8 daerah di Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengimbau kepada warga Sumsel, agar kembali mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Mungkin sudah ada pengenduran prokes dari masyarakat, atau kesadaranya yang mulai berkurang. Saya harap tetap disiplin dalam menerapkan prokes. COVID-19 bukanya hilang, hanya telah melandai saat ini ,” ucapnya, Selasa (19/10/2021).

Di Sumsel, PPKM Level 2 berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Musi Rawas (Mura), Muba, OKU Selatan, Empat Lawang, Kota Palembang, Pagar Alam, Lubuklinggau dan Prabumulih.

Sedangkan PPKM Level 3, disematkan di 8 daerah di Sumsel, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Lahat, Banyuasin, OKU Timur, Ogan Ilir (OI), Panungkal Abab Lamatang Ilir (Pali) dan Musi Rawas Utara (Muratara)