Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19

DETAK-PALEMBANG.COM, PALEMBANG – Pemerintah pusat sudah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dari tanggal 5 Oktober 2021 hingga 18 Oktober 2021 mendatang.

Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel), sejumlah daerah masih berada di PPKM level 1 hingga level 3.

Diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel Ferry Yanuar, kondisi pandemi COVID-19 di Sumsel sudah cukup membaik.

“Untuk PPKM Level 1, hanya ada di dua kabupaten di Sumsel, yakni Kabupaten Musi Banyuasin dan Empat Lawang,” ucapnya, Selasa (5/10/2021).

Sedangkan level 2 disematkan di 14 kabupaten/kota di Sumsel. Yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan dan Ogan Ilir (OI).

Lalu di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kota Palembang, Pagar Alam, Lubuklinggau dan Prabumulih. Di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) kini berstatus PPKM Level 3.

Kendati level PPKM sudah melandai di Sumsel, dia mengimbau agar warga Sumsel tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Lalu, tidak berkerumun, membatasi mobilitas dan menjaga jarak agar kasus tidak meningkat.

“Kalau melihat perkembangan kasus COVID-19 di Sumsel, memang melandai. Bahkan bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit yang ada di Sumsel turun,” ujarnya.

Saat ini, BOR di Sumsel sudah berada di angka 5 persen, terutama di Kota Palembang. Angka tersebut dinilainya menunjukkan perkembangan yang bagus.

Untuk penambahan kasus konfirmasi baru COVID-19, setiap harinya menurun. Berdasarkan data di tanggal 4 Oktober 2021, penambahan kasus COVID-19 sebanyak lima kasus.

“Peran serta masyarakat untuk patuh terhadap prokes, sangat menentukan penambahan kasus pandemi COVID-19 yang baru. Karenanya, masyarakat tetap harus disiplin memakai masker,” ucapnya.