Bank Indonesia
Bank Indonesia

DETAK-PALEMBANG.COM, PALEMBANG – Pandemi COVID-19 di Indonesia sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini, berdampak besar pada semua lini perekonomian, termasuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Untuk mendukung pemulihan kinerja UMKM dan membangun sinergi dengan seluruh stakeholders di Sumatera Selatan (Sumsel), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumsel menyelenggarakan kegiatan tahunan.

Yakni Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya yang bertema ‘Sinergi Bangkitkan UMKM, Sumsel Maju untuk Semua Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’.

Kepala Perwakilan BI Sumsel Hari Widodo menuturkan, Seru Sriwijaya menjadi bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia, terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Serta mendukung Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang acara puncaknya telah dilakukan pada akhir bulan September 2021 lalu.

“Seru Sriwijaya merupakan puncak dari serangkaian kegiatan pengembangan UMKM oleh Kantor Perwakilan BI Sumsel,” katanya, Minggu (24/10/2021).

Serangkaian kegiatan Seru Sriwijaya, mulai dari pengembangan UMKM level Subsistence sampai dengan UMKM Go Digital dan Go Export, Business Matching Pembiayaan, dan Pengembangan klaster ketahanan pangan.

Hari Widodo menuturkan, Seru Sriwijaya 2021 juga akan memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM Sumsel. Baik melalui pameran secara offline maupun online, yang dapat diakses pada website www.serusriwijaya.com.

Beragam webinar juga disuguhkan, untuk membuka wawasan UMKM untuk mendukung langkah ke depan menuju UMKM Go Digital dan Go Export.

“Mempertimbangkan perkembangan kasus COVID-19 dan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Sumsel, rangkaian kegiatan Seru Sriwiaya 2021 akan dilaksanakan secara hybrid,” ujarnya.

Webinar Bisnis

Berbagai kegiatan webinar dalam event Seru Sriwijaya 2021 yakni, Opening Ceremony Seru Sriwijaya 2021 yang digelar pada hari Senin (25/10/2021) pagi.

Dalam webinar tersebut, akan menghadirkar Gubernur Sumsel Herman Deru, Ketua Dekranasda Sumsel Febrita Lustia Herman Deru, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Lalu ada Webinar UKMM Go Ekspor bertema ‘Menjadi Andal di Pasar Global’, pada Senin siang. Dengan narasumber kurator fashion nasional, Lisa Fitriani, dan kurator kriya nasional, Bernardus Arwin.

“Webinar ini bertujuan membuka wawasan UMKM, mengenai tantangan dan peluang pasar ekspor bagi produk Indonesia. Serta memberikan pengetahuan tentang strategi merintis dan mengembangkan bisnis untuk menembus pasar ekspor,” ucapnya.

Lalu, ada juga webinar UMKM Fashion bertema ‘Strategi Bisnis Fashion: Lika-Liku Menjadi Laku’, yang akan menggambarkan terkait tantangan dan peluang bisnis fashion di masa pandemic.

Webinar ini akan diselenggarakan pada hari Selasa (26/10/2021) pagi, dengan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya.

Yakni Ria Miranda dan Muhamad Pandu Rosadi, sebagai pemilik brand fashion Ria Miranda dan Yukka Harlanda selaku pemilik brand fashion Brodo.

Dan Terakhir webinar UMKM Food ‘Bisnis Masa Kini: Tea or Coffee’, yang digelar hari Rabu (27/10/2021) pagi. Dengan narasumber yakni pemilik Es Teh Indonesia, Haidhar Wurjanto, dan pemilik Kopi Soe dan COO Menantea, Sylvia Surya.

“Dengan webinar ini, diharapkan para peserta dapat memahami tantangan dan peluang di era pandemi dan era digital. Serta menggali potensi pasar dengan inovasi baru,” katanya.

Bisa Diakses Luas

Ada juga lomba Kurasi UMKM Go Export kepada UMKM, yang berbasis fashion dan kriya di Sumsel. Lomba tersebut bertujuan untuk melakukan seleksi UMKM berpotensi ekspor, dengan melibatkan kurator yang kompeten di bidang kurasi produk sebagai juri.

Diungkapkannya, BI Sumsel ingin mengajak seluruh masyarakat di manapun berada, untuk mengikuti kegiatan Seru Sriwijaya 2021 ini. Apalagi secara virtual, tidak terbatas ruang.

Bahkan, bagi masyarakat Indonesia yang mau ikutan, bisa mengakses zoom meeting dengan meeting ID 889 0550 9063, dengan password seru2021. Kegiatan juga dapat disaksikan secara live melalui Youtube dan Instagram channel, Bank Indonesia Sumatera Selatan.

“Kita senantiasa melakukan sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk memajukan UMKM di Sumsel. Berharap, UMKM dapat bertahan di tengah pandemi COVID-19, dan tumbuh menjadi kekuatan ekonomi baru daerah,” ucapnya.