Detak-Palembang.com – Banyuasin, Perhatian Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru terhadap sektor pertanian sudah tidak diragukan lagi.  Didampingi Bupati Banyuasin Askolani,  HD melakukan panen raya pada lahan sawah di Desa Sungai Rebo Kabupaten Banyuasin.

Pada lahan 300 Hektare sebanyak 6 Ton padi yang telah dipanen. Panen tersebut dilakukan setahun sekali pada lahan tersebut, panen raya yang dilaksanakan di Desa Sungai Rebo Banyuasin kali ini juga digagas oleh Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (REKNAS) Sumsel.

HD berharap untuk panen selanjutnya lahan sawah di Sungai Rebo Banyuasin bisa melakukan panen untuk 2 kali dalam setahun. Untuk itu HD mengintruksikan Dinas Pertanian dan Dinas PU PSDA Sumsel untuk membangun tanggul , guna menormalisasi sungai agar air dapat diatur. Dengan demikian pada musim tanam berikutnya dapat ditingkatkan menjadi 2 kali panen dalam setahun.

“Perlu adanya kolaborasi lebih erat antara  Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan para petani  guna mencapai target untuk panen 2 kali dalam setahun. Karena  lahan yang ada di Desa Sungai Rebo ini mempunyai potensi panen yang lebih” Ujar HD.

Dalam kesempatan itu juga, HD menyerahkan  bantuan pompa air 6 inc (1 unit), pompa air 4 inc (1 unit) dan 0,5 Ton benih padi infari 32 dimana bibit ini juga merupakan sumbangsih dari BPTP Badan Litbang Kementerian Pertanian Sumsel.

Dalam acara panen raya tersebut juga HD mendapatkan penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (DPP PEKNAS) sebagai Tokoh Tani Nasional.

Turut hadir dalam acara tersebutz Bupati Banyuasin H. Askolani Jasi, SH, MH, Anggota DPRD prov Sumsel Alfarensi Panggarbeai, S.Si, M. Yaser, Ketua Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional (PEKNAS) Sumsel, Abdullah Rasyid, Direktur Bisnis Bank Sumsel Babel Antonius Prabowo Argo, Area Manager Cimmerel dan CSR PT. Pertamina, Siti Rachmi Indahsari.