Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Kominfo Kota Palembang launching PalembangKota – CSIRT (sistem pengaman siber) dilakukan Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Kamis (21/10/2021).

“Mudah-mudahan dengan adanya teknologi keamanan ini, sistim keamanan kita dapat lebih dikuatkan. Kita juga dapat lebih mengantisipasi ketika ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi,” kata Wali Kota Palembang Harnojoyo

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang, H. Edison yang juga sekaligus Ketua PalembangKota – CSIRT mengatakan, keberadaan PalembangKota – CSIRT dinilai sangat penting guna meningkatkan sistim keamanan di zaman teknologi digital yang saat ini semakin berkembang.

“Setelah dilaunching ini, kita bisa meningkatkan lagi keamanan siber di kota Palembang. Karena kita ketahui, ancaman-ancaman siber ini sudah luar biasa,” ujarnya.

Dia juga berharap dukungan dari lapisan masyarakat guna menjaga keamanan kota Palembang dari berbagai serangan siber.

“Dengan terbentuknya tim ini, bukan hanyak di Pemerintahan saja, namun tentunya perlu dukungan dari lapisan masyarakat, khusus di bidang keamanan siber ini,” ucapnya.

Diakuinya, jumlah serangan siber yang saat ini masih terbilang cukup tinggi di kota Palembang, keberadaan PalembangKota – CSIRT dinilai sangat membantu jajaran Pemerintah kota Palembang dalam mengatasi masalah siber yang mengganggu sistim keamanan, sehingga memperhambat pelayanan secara maksimal.

“Seperti di OPD, baik dari ganguan sistim pelayanan aplikasinya ataupun bank datanya. Tetapi kalau untuk hukuman pidannya, itu kita serahkan kepada yang lebih berwenang,”ucapnya

Diketahui,PalembangKota – CSIRT merupakan CSIRT sektor Pemerintah Kota Palembang yang ditetapkan oleh Walikota Palembang dalam Keputusan Walikota Palembang Nomor 408/KPTS/DISKOMINFO/2019 tanggal 26 Desember 2019. Dan telah terdaftar sebagai salah satu CSIRT Organisasi pada sektor Pemerintah di BSSN sejak 21 Oktober 2021.