Detak-Palembang.com – KOTA JAYAPURA, PAPUA – Panitia Besar (PB) PON XX Papua melalui Bidang Humas dan Pelayanan Penyiaran Media (PPM) menggelar orientasi teknis bagi 96 tenaga SDM media center, Senin (20/09).

Kegiatan tersebut diharapkan tersajinya informasi secara cepat, tepat, akurat, serta dapat dipertanggungjawabkan saat perhelatan PON XX berlangsung.

“Mengingat event ini adalah yang pertama di Papua, saya berharap semua SDM media center dapat bekerja secara maksimal dan mampu bekerja nyata dalam menyajikan data maupun informasi terkait hasil hasil pertandingan di seluruh venue dan arena pertandingan secara akurat, tetapi juga dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Wakil Sekretaris IV Bidang Humas dan PPM – PB. PON XX Papua Kadkis Matdoan.

Kadkis menyakini, seluruh SDM media center yang sebagian besar merupakan pekerja pers, akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Menurutnya, kerja penyajian informasi di media center tidak terlepas dari tugas sebagai wartawan, redaktur, maupun editor di media masing-masing.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Krist Ansaka yang menjadi penanggung jawab media center utama PON XX Papua.
Menurutnya, kegiatan orientasi ini dipandang penting karena menjadi dasar bagi para SDM media center, Humas, dan PPM – PB. PON XX dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“SDM media center ini, nantinya membantu 1.157 wartawan dari seluruh Indonesia yang akan melakukan peliputan pelaksanaan PON XX Papua di empat cluster (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke, red),” terangnya.

Krist Ansaka menambahkan, bantuan dari SDM media center adalah dalam bentuk data, naskah, video, dan foto untuk selanjutnya dipublikasikan pada medianya masing masing hingga menjadi konsumsi publik.