Wawako Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berhasil menekan penyebaran Covid-19 hingga kini kategori PPKM turun menjadi Level 2.

Namun hal itu direspon oleh Wakil Wali Kota Palembang agar warga tidak lengah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan atau Prokes.

“Saya tetap imbau warga tetap patuhi Prokes,”katanya Selasa (21/9/2021).

Turunnya level itu, berdasarkan instruksi terbaru Kementerian Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2021. Lantaran turunnya penyebaran, penularan dan BOR dengan status zona kuning atau beresiko sedang.

“Kita juga terus berupaya menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Jika vaksinasi terus berlanjut, kita optimistis bisa masuk zona hijau, sehingga aktivitas kembali normal,”ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Fauziah, mengatakan, berdasarkan Inmendagri Palembang saat ini masuk dalam PPKM level 2 dengan peta zonasi kuning atau risiko rendah.

Penurunan PPKM ini berdasarkan beberapa indikator yakni kasus konfirmasi. Di mana, kasus konfirmasi Palembang berada ditingkat 1 dengan kasus 8.50 per 100 ribu penduduk per minggu.

Kemudian, rawat inap berada ditingkat 1 dengan jumlah 2.21 per 100 ribu penduduk per minggu. Begitu juga tingkat kematian di Palembang yang saat ini berada ditingkat 1 dengam nilai 0.93 per 100 ribu penduduk per minggu.

Selain itu, indikator lain yakni kapasitas respon dengan rincian positive rate sebesar 0,78 persen. Tracing sebesar 4,75 dengan ratio kontak erat kasus konfirmasi per minggu dan treatmen atau BOR sebesar 11,54 per minggu.

“Berdasarkan indikator inilah kita (Palembang) masuk PPKM level 2,” kata Fauziah.