Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi saat menggelar jumpa pers tangkap baby lobster

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Tim khusus (Timsus) Polrestabes Palembang berhasil menggagalkan penyeludupan 70.407 baby lobster antar Provinsi senilai 10 Miliar lebih.

Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi mengatakan, dia sengaja membuat tim khusus (Timsus) untuk menindaklanjuti intruksi Presiden RI Joko Widodo terkait penyeludupan bibit lobster.

“Bibit lobster ini diminati oleh seluruh dunia. Makanya untuk menyelamatkan nelayan dan peternakan lobster di Indonesia Bapak Presiden memberikan titah untuk kita membentuk tim khusus soal penyeludupan seperti ini,”katanya saat melakukan jumpa pers di lobby Mapolrestabes Palembang, Jumat, (20/8/2021).

Dijelaskannya, diprediksikan penyeludupan akan dilakukan pelaku ke Pekanbaru dan Jambi. Namun saat penelusuran pihaknya hanya menemukan barang bukti saja

Kronologis penemuan baby lobster diceritakan bermula pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat mencurigai adanya kendaraan roda empat.

Setelah itu pihaknya menemukan mobil Xenia warna silver nopol BG-2815-YK berada di depan ATM kawasan Talang Cambe.

“Kita amankan mobil itu Jumat,(20/8/2021) pukul 02.00 WIB dini hari. Lalu kita intai sampai pagi sopirnya juga tidak diketemukan hanya mobil saja,”ucapnya.

Langkah berikutnya pihaknya terus akan mencari pemilik mobil dan pelaku penyeludupan tersebut.

“Untuk bibit lobster ini, kita bekerjasama dengan Pemkot Palembang dari BKIPM Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu. Tentunya agar habitat lobster laut di Indonesia ini terselamatkan,”pungkasnya