Kepala Disdik Palembang, Ahmad Zulinto

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang menyatakan tidak semua sekolah akan dibuka pada tanggal 6 September mendatang.

Hal itu disebabkan Disdik menerapkan pola Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Sedangkan penerapan itu berdasarkan intruksi dari Menteri Pendidikan dan SK Gubernur Sumsel.

Kepala Disdik Palembang, Ahmad Zulinto menyebutkan pihaknya sejak hari ini Selasa (31/8/2021) sampai hari Sabtu (4/9/2021) akan melakukan verifikasi terhadap sekolah

“Sebenernya kita sudah tetapkan slot berapa sekolah yang dibuka. Namun tetap akan kita verifikasi apakah sekolah itu layak kita pilih untuk membuka sekolah pada tanggal 6 September nanti,”katanya.

Menurutnya berdasarkan skot yang disiapkannya ada jumlah sekolah akan dibuka. Yakni, SMP 50 persen diantaranya 30 persen untuk negeri dan 20 persen untuk swasta.

Lalu SD di buka 5 sekolah di setiap Kecamatan terdiri dari 3 sekolah negeri dan 2 sekolah swasta. Selanjutnya Paud/TK dibuka 3 sekolah di setiap Kecamatan.

“Nah itu juga harus kita verifikasi. Kalau seandainya belum layak kita buka yang sudah siap saja,”ujarnya.

Diakuinya setelah berjalannya sekolah-sekolah itu dia akan melakukan evaluasi. Apabila tidak ada kendala dan sekolah tetap menjalankan protokol kesehatan pihaknya kedepan kembali menambah sekolah lagi yang akan dibuka.

“Mekanisme dari pertama siswa datang wali murid hanya boleh mengatakan sampai di luar. Di dalam ada yang menyambut siswa untuk mencuci tangan dan sebagainya. Semua teknis itu dan pelengkap Prokes sekolah harus ada. Kalau tidak sekolah itu tentunya tidak lulus verifikasi kita. Terutama juga harus ada ruang UKS dan harus ada tenaga kesehatan disana,”pungkasnya