Detak-Palembang.com MARTAPURA – Atas dedikasinya karena memperjuangkan kebutuhan dan hak anak di Bumi Sebiduk Sehaluan, Pemerintah, OKU Timur di anugrahi penerimaan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021, Meraih KLA tingkat pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Penghargaan ini, diterima langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, Diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jumadi S.Sos, turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA ) Hanafi, S.E., M.M.,
Bagi OKU Timur Anugrah Pratama KLA tahun 2021 di serahkan Kementerian Pusat secara Virtual, berlangsung di Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten OKU Timur, Kamis pagi (29/07/2021).

Kepala DPPPA OKU Timur Hanafi, S.E., M.M., mengatakan, Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah OKU Timur dibawah kepemimpinan Bapak Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., dan H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., Mereka berdua memiliki komitmen yang kuat dalam hal pemenuhan hak anak dan perlindungan melalui dukungan dalam hal kelembagaan melalui Perda, Perbup, Kebijakan, mendorong gugus tugas KLA.

Dalam Ajang penghargaan ini kita harus mengoptimalkan 5 kluster, dan 24 indikator KLA, yakni Kluster Hak Sipil dan kebebasan, Kluster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kluster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Kluster Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, Kluster Perlindungan Khusus.

”Nah berdasarkan evaluasi pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, telah dilakukan secara bertahap evaluasi mandiri berbasis online dan dilanjutkan evaluasi administrasi dan verifikasi lapangan, dan OKU Timur mendapatkan peringkat KLA PRATAMA, Sementara untuk Madya, Nindya, Utama kita akan ikuti tahapan penilaian lanjutan.,” Kata Kata Hanafi, S.E. M.M.

Sementara itu Bupati OKU Timur melalui Sekda Jumadi, S.Sos., mengucapkan terima kasih khususnya kepada seluruh komponen masyarakat, termasuk seluruh stakeholder yang terkait keberhasilan ini berkat kerjasama kerja kolektif seluruh, seluruh nya harus sinergi untuk mewujudkan mendapatkan penghargaan untuk kategori Pertama

Penghargaan Tersebut ada berbagai tingkatan kita harus diselesaikan, satu demi satu sehingga apa yang menjadi kategori untuk layak anak dapat terwujud. ”Alhamdulillah OKU Timur mendapatkan KLA katagori Pratama dalam memperoleh penghargaan ini kita harus kembali bersinergi untuk mencapai kategori yang lebih tinggi dari seluruhnya. ‘”Ucap Sekda Jumadi saat di wawancara.

terhadap penghargaan yang diperoleh sangat mengharapkan kedepannya Kabupaten ini,  bisa memberikan lebih banyak perhatian kepada anak-anak.

”Khususnya memberikan perlindungan yang lebih, pendidikan dan prasarana untuk mereka di OKU Timur  Sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus masa depan Kabupaten lumbung pangan nasional ini .

Lebih lanjut Bupati OKU Timur mengharapkan, agar kedepan bisa meningkatkan peringkatnya dari Pratama ke Madya, dan juga bisa mendapatkan penghargaan sekolah ramah anak terbaik.

Sebanyak 247 kabupaten kota di tanah air salah satunya kabupaten  OKU Timur mendapatkan penghargaan kota layak anak (KLA) tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), pungkasnya.