Wali Kota Palembang Harnojoyo

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintah memberlakukan beberapa syarat untuk masuk pusat perbelanjaan termasuk mal selama masa PPKM Level 4 yakni dengan menunjukkan kartu vaksin.

Bagaimana di Palembang juga menyandang PPKM berkategori Level 4. Apakah penerapan kartu vaksin untuk mengunjungi pusat perbelanjaan dan mal juga diberlakukan.

Hal itu dijawab lugas oleh Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, karena belum maksimal vaksinasi pihaknya belum menerapkan aturan itu bagi warganya.

“Kita (Palembang) tidak aturan penggunaan bukti vaksin Covid-19, karena capaian vaksinasi pun masih rendah,” katanya Kamis,(12/8/2021).

Diakuinya sendiri sejak Juli 2021 seluruh mal di Palembang masih tutup. Namun dikecualikan untuk sektor essential saja yang boleh buka, seperti supermarket ataupun apotek. Sementara restoran makan dan minum hanya melayani takeaway/ pesanan dibawa pulang.

“Mal tetap tutup untuk kunjungan masyarakat, hanya yang essential saja buka, tidak ada layanan makan minum di tempat,”jelasnya.

Dijelaskannya belum di bukanya mal dan tidak menerapkan masuk mal hanya perluh kartu vaksin dinilainya masih rawan. Harnojoyo masih fokus untuk menurunkan kategori PPKM Level 4 di Palembang disebutkan sangat rawan penyebaran Covid-19.

“Mal sampai kita di Level 4 ini belum kita buka. Nanti kita lihat karena vaksin hanya 28 %. Tujuan kita itu untuk menghindari penyebaran Covid-19. Sekarang orang yang sudah di vaksin belum tentu bebas Covid-19,”pungkasnya

Berdasarkan hasil rekapitulasi vaksinasi Covid-19 di Palembang saat ini dari total sasaran 1.242.206, untuk dosis pertama baru 28,45% dan dosis kedua 18,18%.