Detak-Palembang.com PALEMBANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas secara serentak ekspor komoditas pertanian dari 17 pintu pelabuhan udara dan laut. Hal itu saat membuka secara serentak Merdeka Ekspor dari Istana Kepresidenan Bogor Sabtu, (14/8/2021).

“Hari ini kita akan melakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekspor melalui pelabuhan udara dan laut sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi,” katanya melalui video conference.

Menurutnya sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman pandemi.

“Ekspor pertanian tahun 2020 seperti yang disampaikan Pak Menteri Pertanian, mencapai Rp451,8 triliun atau naik 15,79 persen dibanding tahun 2019 Rp390,16 trilun,”tuturnya

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru juga menghadirkan acara itu di Pelabuhan Boom Baru menyebutkan, masa pandemi sektor pertanian semakin tangguh.

“Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), di masa pandemi ini pertanian semakin tangguh. Kinerja ekspor pertanian terus meningkat, berkontribusi sebesar 3 persen dari keseluruhan ekspor Indonesia,”katanya

Nah dari itu dia menyebutkan Sumsel memiliki pelabuhan sungai satu-satunya yang mendapat apresiasi dari kementerian dalam pelepasan ekspor 17 komiditas pertanian.

“Ekspor Komoditas Karet yang merupakan komoditi unggulan dari Provinsi Sumatera Selatan dengan daerah penghasil di Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, LubukLinggau, Musi rawas, Muara Enim meningkat di Tahun 2021 sebesar 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya,”pungkasnya.