Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Kategori PPKM Level 4 masih disandang Kota Palembang hingga mendapatkan arahan pemerintah untuk melanjutkan perpanjangan dari tanggal 10 – 23 Agustus mendatang.

Menyikapi hal itu, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan menjelaskan, meskipun trend Covid-19 menurun. Namun mobilitas warga Palembang dinilai masih sangat tinggi hingga kategori PPKM Level 4 tidak turun ke Level 3 dan tetap harus diperpanjang.

“Pemerintah pusat mengukur skala mobiltas index di Palembang tidak bisa kita bantah. Dengan menggunakan google traffic, Facebook mobility dan juga menggunakan sinar lampu malam hari dari satelit NASA. Mereka menggunakan kategori hijau,kuning, merah dan hitam. Sekarang Palembang kategorinya hitam,”paparnya.

Atas evaluasi dari pemerintah pusat itu, Kapolrestabes Palembang menuturkan akan melakukan pengetatan mobile warga. Dia berencana dari 14 penyekatan di dalam Kota dilakukan PPKM Level 4 sebelumnya akan dilakukan penambahan.

“Kita akan tetap melakukan 14 penyekatan, bisa saja akan di tambah di Demang Lebar Daun, Rajawali dan Sudirman. Karena mobiltas warga masih sangat tinggi,”ucapnya.

Menurutnya berdasarkan analogi sebenarnya warga Palembang apabila hanya berada di rumah indeks akan berwarna hijau. Namun karena harus bekerja dan pulang ke rumah bisa saja menjadi kuning. Tetapi apabila dari kantor ke rumah kemudian mampir makan bisa menjadi merah. Namun apabila dari rumah, ke kantor, mampir makan sebelum pulang ke cafe terlebih dahulu itu menjadi hitam.

“Itu analogi saja, tetapi kira-kira seperti itu mobilitas warga yang akan kita kurangi di PPKM Level 4 diperpanjang ini,”pungkasnya