Detak-Palembang.com MARTAPURA – Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, H. Lanosin Hamzah, S.T., didampingi oleh Sekretaris Daerah Jumadi, S.Sos., para Asisten dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur mengikuti Video Conference (Vidcon) Dzikir dan Doa Bersama Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka yang dilangsungkan secara virtual, Minggu 1 Agustus 2021, bertempat di Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten OKU Timur. 

Dzikir dan Doa Bersama Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka diikuti langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Wakil Presiden RI Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin, Para Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Para Kepala Daerah, Pimpinan TNI dan Polri, Alim Ulama, Para Tokoh Lintas Agama secara virtual dimana dzikir dikholifai oleh Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Almunawar, sementara doa bersama dipimpin oleh Muhammad Luthfi Yahya didampingi oleh tokoh lintas agama.

Dzikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka ini dimaksudkan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa yaitu berupa Kemerdekaan serta berharap kemerdekaan ini terus dipertahankan dan pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir.

Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan “Saat ini kita dihadapkan dengan ujian berat yaitu pandemi Covid, oleh karena itu kami mengajak semua elemen bergandengan tangan dalam ikhtiar lahir dan batin melawan Covid-19. Malam ini para tokoh lintas agama turut serta dalam zikir dan doa bersama memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa agar kemerdekaan RI penuh makna dan segera dihapuskan pandemi Covid-19 ini”.

Mengutip sambutan sekaligus tausiyah Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin yang mengatakan “Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tidak hanya berkat perjuangan luhur dari para pejuang kemerdekaan, namun juga berkat Rahmat Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu kita patut bersyukur atas nikmat kemerdekaan yang diberikan kepada kita” ungkapnya secara virtual.