Terlihat kampus Bina Darma telah dipasang plang kepemilikan tanah

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Ada yang janggal dari Kampus Bina Darma, karena terlihat telah terpampang plang kepemilikan tanah. Hal itu membuat dugaan apakah kampus biru itu, memang benar menguasai tanah orang lain bukan milik Yayasan kampus tersebut.

Saat dikonfirmasi Tim Kuasa Hukum Dewi Puspita Ningsih,SH dan Wahyudi SH MH dari Kantor Hukum Tri Dewi and Partners membenarkan telah memasangkan plang karena Bina Darma disebut menguasai tanah milik orang lain yakni milik ketiga kliennya.

Bahkan saat pemasangan plang di Kampus A,B dan C. Diakuinya, sempat terjadi kericuhan dan bersitegang dengan satpam.

“Hingga saat ini Yayasan Bina Darma selaku pengelola Universitas Bina Darma tidak bisa menunjukkan bukti kepemilikan. Tanah Kampus A,B,C ini milik klien kami,”katanya Selasa,(10/8/2021).

Menurutnya Bina Darma diduga melakukan perbuatan melawan hukum. Perguruan Tinggi yang berdiri dibawah naungan Yayasan Bina Darma Palembang itu diduga telah menguasai sertifikat dan bangunan yang dimiliki 4 orang sesuai dengan bukti kepemilikan sertipikat atas nama Buchori Rahman (almarhum), Zainudin ismail, Suheriyatmono dan Rifa Ariani.

Dia pun telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Palembang dengan Perkara Nomor: 174/Pdt.G/2021/PN Plg tanggal 5 Agustus 2021 dengan tergugat Yayasan Bina Darma Palembang qq Universitas Bina Darma sebagai Tergugat 1, Sunda Ariana tergugat II, Linda Usriana sebagai tergugat III, Fery Corly sebagai tergugat IV, Ade Kemala Jaya sebagai tergugat V.

Lalu Bank Syariah Indonesia sebagai turut tergugat karena terdapat lebih kurang 30 bukti kepemilikan klienya dijadikan agunan oleh Yayasan Bina Darma Palembang, dimana uang tersebut masuk ke rekening Universitas Bina Darma.

Terkait berita ini pihak Yayasan Bina Darma belum mengeluarkan keterangan. Namun berencana akan menggelar jumpa pers secara resmi.