Detak-Palembang.com MARTAPURA – Usai mengontrol dan melakukan MOU antara Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dengan pihak Kementrian PUPR mengenai serah terima bangunan Rumah Susun Sewa untuk ASN, Bupati OKU Timur mempersilahkan untuk penderita Covid-19 mempergunakan Rusunawa ini sebagai tempat pusat isolasi.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., melalui wakil Bupati OKU Timur H. M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H., saat rapat memfasilitasi dan mengkoordinasi pelaksanaan persiapan Rusunawa menjadi rumah sehat bagi warga yang terpapar Covid-19 pada tahapan orang tanpa gejala Jum’at 23 Juli 2021 mengatakan pengunaan rusunawa ASN sebagai pusat isolasi bagi penderita Covid-19 agar semua Perangkat Daerah saling membantu.

Semua lini aparat yang terkait untuk membantu melengkapi fasilitas rumah sehat tersebut yang masih ada kekurangan

Sementara Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin mengatakan bahwa gedung Rusunawa sudah bisa di pergunakan sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19 kategori sedang dan ringan.

Yang termasuk pasien sedang adalah yaitu pasien positif Covid-19 yang di sertai demam, batuk ringan kehilangan penciuman serta tidak ada penyakit bawaan sedangkan pasien Covid ringan yaitu sama seperti sedang hanya saja masih dalam keadaan sehat dan pasien orang tanpa gejala bisa di Rusunawa dan isolasi mandiri di rumah.

Menurut Zainal, Pasien yang positif Covid-19 kategori sedang dan ringan dapat diusulkan oleh gugus tugas atau tim kesehatan untuk di isolasi ke Rusunawa atau masyarakat yang positif juga bisa meminta untuk isolasi mandiri di Rusunawa.

Zainal mengatakan Untuk tenaga medis sudah dipersiapkan dimana tenaga medis diambil dari Rumah Sakit Umum dan Puskesmas di Martapura, ada 3 dokter dan juga 9 perawat termasuk bidan di siapkan untuk rumah sehat Rusunawa.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur mengatakan bangunan Rusunawa milik Kementerian PUPR ini terdiri dari 3 lantai 42 pintu 1 rumah 2 kamar yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur, dapur dan layak di huni.

Zainal juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU Timur telah meminjamkan bangunan ini.