Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang menyatakan vaksin anak aman dan orang tua jangan khawatir untuk melakukan vaksinasi.

Plt Kepala Dinkes Palembang, dr. Fauziah mengatakan, vaksinasi untuk anak umur 12 tahun dan 17 tahun dinyatakan aman.

“Vaksin anak sudah mendapatkan uji klinis. Kalau untuk keamanan sudah mendapatkan pengakuan dari BPOM dan WHO. Juga mendapatkan lisensi halal dari MUI. Jadi orang tua jangan khawatir,”katanya Selasa, (6/7/2021).

Menurutnya vaksin anak sama seperti vaksin orang dewasa dan lanjut usia. Bahkan penyuntikan pun sama dengan dosis 0,5.

“Namun saat penyuntikan nanti sebelum akan ada wawancaranya dulu kepada orang tuanya. Makanya saat vaksin anak harus didampingi orang tua. Karena orang tua yang tahu kondisi anak sebelum di vaksin apakah benar lagi dalam kondisi baik,”ujarnya

Sementara itu vaksinasi anak akan menjadi syarat pelajar nantinya bisa kembali sekolah tatap muka. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memiliki target untuk secepatnya melakukan vaksinasi kepada anak biar kembali menggelar rapat untuk membuka sekolah.

“Sekarang kita fokus kepada vaksinasi lansia. Tapi karena kebutuhan untuk pendidikan jadinya vaksinasi anak kedepannya akan diprioritaskan juga,”ungkap

Namun Dinkes mengaku untuk melakukan vaksinasi anak dengan partai besar belum dibicarakan lebih jauh. Lantaran mereka belum memiliki vaksin dalam jumlah besar tersebut.

“Kedepannya akan ada perbincangan lagi dengan Dinas Pendidikan,”pungkasnya