Detak-Palembang.com MARTAPURA – Usaha Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin, S.T., dalam memperjuangkan agar masyarakat OKU Timur dapat menikmati sambungan gas benar-benar terwujud.

Dalam Video Conference via Zoom antara Pemerintah Kabupaten OKU Timur dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM RI tentang dukungan Pemerintah Kabupaten terhadap penyusunan dokumen FEED – DEDS (study kelayakan) terkait rencana pembangunan jaringan gas di Kabupaten OKU Timur yang akan mendapatkan 3.000 Sambungan Rumah Tangga.

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten OKU Timur Marius Markus Firdaus, S.STP., mengatakan, OKU Timur dipastikan akan mendapatkan 3.000 SR yang tersebar di 3 Desa yakni Desa Karang Kemiri, Desa Triyoso dan Desa Sidodadi yang kesemuanya berada dalam wilayah Kecamatan Belitang (Kamis 8 Juli 2021).

Menurut Marius terminal untuk sambungan gas rakyat akan ditempatkan tidak jauh dari jaringan induk dan direncanakan di Desa Karang Kimiri Belitang. Lokasi lahan akan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur dan akan menunggu petunjuk dan persetujuan Bupati OKU Timur.

Bulan Juli ini juga akan dilakukan Jajak Minat Masyarakat, yaitu menggali daya minat masyarakat untuk memasang jaringan gas, diprediksi minat masyarakat akan lebih dari 3.000 jaringan (SR).

Namun menurut Marius untuk tahap pertama baru diberikan quota 3.000 oleh Dirjen Migas, perencanaan pemasangan akan dimulai awal tahun 2022.

Marius meminta masyarakat untuk mendukung program pemerintah yang telah diperjuangkan oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., Sebelumnya Enos mengatakan, selama ini Kabupaten OKU Timur hanya dilalui pipa gas, kali ini Bupati inginkan pipa gas yang melintasi Kabupaten OKU Timur dapat bermanfaat bagi masyarakat.