Detak-Palembang.com AMRTAPURA – Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, H. Lanosin Hamzah, akan menyiapkan lahan seluas 20.000 hektare (Ha) yang tersebar di 19 kecamatan guna mewujudkan program “agro solution food estate” atau lumbung pangan baru di daerah tersebut.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Rabu mengatakan, untuk membangun pertanian food estate harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari lahan, bibit hingga hasil produksi pertanian yang mumpuni.

“Di Kabupaten OKU Timur sendiri saat ini memiliki luas lahan tanam seluas 60.634 hektare dengan jumlah petani sebanyak 24.332 orang. Mereka para kelompok tani di OKU Timur sudah mendapat pembekalan korporasi dalam rangka mewujudkan program tersebut,” katanya.

Pemkab OKU Timur juga telah melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam upaya mewujudkan wilayah agro solution food estate di wilayah itu.

Menurut dia, selain sebagai program ketahanan pangan, manfaat pembangunan food estate ini juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

“Alhamdulillah, Gubernur Sumsel Herman Deru mendukung penuh program ini. Bahkan, Pemprov Sumsel rencananya akan memberikan bantuan dana untuk Kabupaten OKU Timur agar program korporasi food estate ini dapat terwujud,” ujarnya.