Detak-Palembang.com BUDAPEST – Duel Timnas Portugal vs Timnas Prancis berakhir sama kuat 2-2. Hasil ini menghasilkan Portugal lolos, sedangkan Prancis menjadi juara Grup F di laga Euro 2020 yang digelar di Budapest Arena, Kamis (24/6/2021) dinihari WIB. Sementara itu bermain di Allianz Arena, Munich, Kamis (24/6/2021), Timnas Jerman bermain imbang 2-2 kontra Hungaria pada pertandingan di grup F Euro 2020.

Tiga penalti mewarnai pertandingan Portugal Vs Prancis ini, dua di antaranya diperoleh Selecao das Quinas, yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Ronaldo dan Karim Benzema sama-sama sukses mengonversi penalti menjadi gol sehingga Portugal dan Prancis menyudahi paruh pertama 1-1. 

Usai turun minum, Les Bleus berbalik unggul setelah Benzema mencetak gol keduanya sebelum dibalas Portugal lewat penalti kedua Ronaldo.

Dengan demikian, Prancis yang telah dipastikan lolos ke babak 16 besar berhak tampil sebagai juara grup setelah mengumpulkan lima poin dari tiga laga. Portugal juga lolos setelah finis ketiga dengan perolehan empat poin, sama dengan Jerman yang menjadi runner-up usai seri dengan Hungaria.

Nasib Timnas Portugal berhasil diselamatkan dengan penampilan Ronaldo setelah mencetak brace gol untuk menahan imbang Prancis di matchday.

Dua gol yang dicetak Ronaldo melalui titik penalti sudah cukup untuk membatalkan kemenangan Prancis yang unggul lewat gol Karim Benzema.

Hasil imbang tersebut sudah cukup mengantarkan Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Portugal lolos dengan status peringat 3 terbaik, sementara Prancis sukses menjadi pemuncak klasemen.

Sejak Piala Eropa 2020 mulai digelar sejak 11 Juni lalu, sudah ada 36 pertandingan dimainkan dengan laga Turki vs Italia sebagai pembukanya. Sepanjang 36 pertandingan itu, ada 94 gol tercipta dengan rataan 2,61 gol per laga.

Jerman Vs Hungaria

Lolos dari lubang jarum dua kali sebelum memastikan diri lolos ke 16 besar Euro 2020. Die Mannschaft yang butuh kemenangan tertinggal di babak pertama karena gol Adam Szalai.

Jerman lantas menyamakan skor di babak kedua lewat Kai Havertz sebelum tertinggal lagi oleh gol Andras Schafer. Gol Leon Goretzka di menit ke-84 memastikan satu poin untuk Jerman.

Dengan hasil imbang 2-2, Jerman finis sebagai runner-up Grup F dengan empat poin, unggul head-to-head dari Portugal yang harus finis posisi ketiga. Hungaria dengan dua poin jadi juru kunci.

Juara Grup
A. Italia
B. Belgia
C. Belanda
D. Inggris
E. Swedia
F. Prancis

Runner-up Grup
A. Swiss
B. Denmark
C. Austria
D. Kroasia
E. Spanyol
F. Jerman

Peringkat Ketiga Terbaik
1. Portugal (4 poin)
2. Republik Ceko (4 poin)
3. Swiss (4 poin)
4. Ukraina (3 poin)