Detak-Palembang.com PALEMBANG – Jerman menjaga peluang untuk bisa lolos ke babak 16 besar setelah meraih kemenangan perdana di Euro 2020 dengan menaklukkan Portugal 4-2 di pertandingan kedua Grup F di Fussball Arena Munich, Sabtu (19/6).

Dengan kemenangan ini, Jerman menggeser Portugal dari peringkat kedua dengan sama-sama mengumpulkan tiga poin, namun unggul head-to-head

Dalam jalannya laga Cristiano Ronaldo sempat membawa Portugal unggul lewat golnya pada menit ke-15. Namun, Jerman berbalik unggul 2-1 setelah Ruben Dias dan Raphael Guerreiro mencetak gol bunuh diri.

Di babak kedua, Jerman melebarkan keunggulan lewat gol Kai Havertz dan Robin Gosens. Portugal hanya bisa menambah satu gol lagi melalui Diogo Jota.

Jerman akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-35 dengan memanfaatkan kelengahan di lini belakangan Portugal. Gosens mengirim umpan berbahaya, yang diteruskan dengan sepakan Kai Havertz, namun bola sempat mengenai Ruben Dias sebelum masuk ke dalam gawang.

Jerman mencetak gol lagi dan kini balik unggul empat menit berselang. Kimmich mengarahkan bola ke dalam kotak penalti, dan Guerreiro berusaha menghalau bola namun masuk ke gawang timnya sendiri.

Gosens, pemain sayap di sisi kiri itu ikut mencetak gol dengan sundulan kepala setelah meneruskan umpan Kimmich. Setelah mencetak gol, ia kemudian digantikan Marcel Halstenberg dan mendapat aplaus dari fans ketika meninggalkan lapangan.

Hingga pertandingan berakhir, Jerman mengunci kemenangan 4-2 sebagai modal bagus untuk menghadapi Hongaria di laga pamungkas grup. 

Prancis Siaga Hadapi Portugal

Sementara itu Prancis berjaga-jaga mengamankan tiket ke babak 16 besar Euro 2020 usai diredam Hungaria. Juara Piala Dunia 2018 itu harus puas dengan hasil akhir 1-1.

Hungaria sempat mengejutkan Prancis usai unggul lebih dulu di akhir babak pertama lewat gol Attila Fiola. Prancis akhirnya menyamakan skor lewat sepakan Antoine Griezmann di menit ke-66.

Dengan hasil-hasil itu, persaingan di Grup F Euro 2020 semakin sengit. Prancis ada di posisi teratas klasemen Euro 2020 di Grup F dengan empat poin dari dua laga.

Jerman menyusul di urutan kedua dengan tiga poin. Mereka unggul head to head atas Portugal yang juga punya jumlah poin sama. Hungaria kemudian jadi juru kunci dengan satu poin.

Selanjutnya Prancis akan menghadapi Portugal di laga terakhir Grup F Euro 2020 yang dijadwalkan pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB mendatang. Di saat bersamaan itu juga, Jerman akan melawan Hungaria.