Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang luncurkan aplikasi Satu Data Palembang. Aplikasi itu informasi tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentunya Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kota Palembang,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palembang, Edison Rabu,(2/6)

Dia menyebutkan apabila masyarakat ingin mengakses silahkan berkunjung di website Satudata.palembang.go.id.

“Semua data-data di semua OPD yang bisa disajikan itu tersajikan semua, mulai dari panjang jalan, jumlah sungai, jumlah perumahan, jumlah ruang terbuka. Semuanya bisa dilihat dengan mengakses Website tersebut,”ucapnya

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda yang hadir dalam kegiatan Launching Aplikasi Satu Data Palembang mengungkapkan apresiasinya kepada setiap orang yang dinilai telah bekerja keras untuk mengumpulkan setiap data.

“Setelah sekian lama, semua data telah dikumpulkan dari seluruh OPD, baik di tingkat Kecamatan ataupun Kelurahan. Dan hari ini Alhamdulilah sudah dilaunching Aplikasi Satu Data Palembang,”katanya

Dia berharap, aplikasi yang telah dihadirkan tersebut dapat betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Menurutnya, tanpa suatu bekal data, kehidupan dinilainya bagaikan kebutaan yang berjalan tanpa arah.

“Karena ketika kita sudah memegang data, tentu apa yang menjadi tujuan dan target pencapaian dan apa yang menjadi percepatan itu bisa kita laksanakan,” harapnya.

Masih dikatakanya, saat ini sudah 90 persen lebih data sudah terlengkapi, meskipun masih terdapat hal-hal kecil yang mungkin masih belum terlengkapi.

“Dan kita memaklumi saja. Tetapi ini sambil berjalan. Pada intinya, data-data ini nanti akan tersaji dengan lengkap. Dan masyarakat, baik itu swasta bisa mengakses data ini dengan cepat dan lebih akurat,”pungkasnya