Detak-Palembang.com PALEMBANG – Timnas Belanda dan Timnas Austria berhasil lanjut ke babak 16 besar, sedangkan Timnas Ukraina masih menanti kabar posisinya sebagai tim urutan ketiga terbaik dalam pertandingan di Grup C Euro 2020 yang digelar tadi malam 21 Juni samapi 22 Juni 2021 dini hari WIB.

Belanda mencatat hasil sempurna sembilan poin dari tiga pertandingan fase grup Euro 2020 sehingga kokoh memuncaki klasemen setelah menang 3-0 atas Makedonia Utara pada pertandingan terakhir, yang menyempurnakan kemenangan 3-2 atas Ukraina dan 2-0 atas Austria dalam dua pertandingan sebelumnya.

Ketiga gol Belanda dalam pertandingan terakhir itu diciptakan Memphis Depay (satu gol) dan Georginio Wijnaldum. Belanda dengan demikian ke 16 besar di Budapest, Hungaria, untuk melawan peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E atau F. F adalah grup neraka yang dihuni Prancis, Jerman, dan Portugal.

Peringkat kedua Grup C diduduki oleh Timnas Austria yang menang 1-0 lewat gol semata wayang Christoph Baumgartner dalam pertandingan terakhir melawan Ukraina. Austria dengan demikian mengemas enam poin setelah dua kali menang dan sekali kalah melawan Belanda.

Ukraina menduduki urutan ketiga dengan tiga poin, setelah kalah dua kali dan menang satu kali dari Makedonia Utara.

Ukraina harus menunggu tim-tim dari grup lain menyelesaikan fase grupnya untuk mengetahui apakah mereka menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik yang berhak ke 16 besar.

Grup B Euro 2020

Sementara itu laga matchday ketiga Grup B Euro 2020 pada Selasa dinihari, 22 Juni 2020, menampilkan hasil: Rusia vs Denmark 1-4 dan Finlandia vs Belgia 0-2.

Timnas Denmark lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up, sedangkan Belgia menjadi juara grup.

Denmark melaju menyusul Belgia setelah menang 4-1 dalam laga di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark. Mereka meraih gol lewat Mikkel Damsgaard (menit 38), Yussuf Poulsen (59), Andreas Christensen (79), dan Joakim Maehle (82). Sedangkan gol Rusia diceploskan Artem Dzyuba dari titik penalti (70).

Pada pertandingan lain, Belgia yang sudha lolos memastikan diri menjadi juara grup setelah menang 2-0 atas Finlandia dalam laga di Saint Petersburg, Rusia.

Gol Belgia tercipta dari bunuh diri Lukas Hradecky (74) dan Romelu Lukaku (81). Satu gol Lukaku lainnya (65) dianulir wasit karena offside.

Kini Belgia mengemas nilai 9 dari 3 laga. Denmark menempati posisi kedua dengan nilai 3, unggul selisih gol dari Finlandia dan Rusia. Finlandia masih menanti hasil di grup lain untuk mengetahui apakah masuk dalam salah satu dari empat tim urutan ketiga terbaik.