Detak-Palembang.com BRASIL – Brasil berhasil menghajar Venezuela dengan skor telak 3-0 dalam duel pembuka Copa America 2021, matchday 1 Grup A, Estadio Nacional de Brasilia, Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

Tiga buah gol disarangkan oleh Marquinhos di babak pertama (23′), lalu Neymar (64′) dan di babak kedua Gabriel Barbosa (89′) menambah satu angka lagi.

Walau kalah kelas dengan Brasil, Timnas Venezuela melakukan perlawanan dengan baik. Namun Brasil bermain sangat dominan dengan total percobaan 18 kali tembakan ke gawang.

Skor 3-0 untuk kemenangan Brasil merupakan langkah awal yang apik di Copa America 2021 sebagai tuan rumah.

Dalam jalannya pertandingan, Brasil langsung membuat gebrakan serangan dalam 10 menit pertama. Namun tempo sedikit menurun sampai menit ke-20.

Kisruh di mulut gawang melalui tendangan sudut, Marquinhos berhasil merangsekkan bola liar dan menembaknya ke gawang.

Hingga samapai turun minum, gol tidak ada tercipta dari kedua belah kubu. Skor 1-0 sementara untuk Brasil mengantar para pemain ke ruang ganti.

Di babak kedua, Brasil masih sangat dominan, Venezuela dikurung di wilayah bermain sendiri. 10 menit pertama berlalu dengan satu peluang Neymar.

Menit ke-62, Brasil mendapatkan penalti usai Danilo dijatuhkan. Neymar maju sebagai algojo dan satu gol membuat skor berubah menjadi 2-0.

Gol ini membuat situasi semakin sulit bagi Venezuela. Perlawanan semakin alot, Brasil tampak bermain lebih tenang untuk mempertahankan skor.

Namun di menit ke-89, Brasil mencetak gol ketiga mereka. Kali ini giliran Gabi yang menuntaskan umpan Neymar dengan sentuhan ringan dari jarak dekat. Gol ini sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan akhir 3-0 untuk Brasil.

Susunan pemain

BRAZIL XI (4-2-3-1): Alisson; Danilo, Eder Militao, Marquinhos, Renan Lodi (46′ Alex Sandro); Casemiro, Fred (85′ Fabinho); Richarlison (65′ Gabriel Barbosa), Lucas Paqueta (46′ Everton Ribeiro), Neymar; Gabriel Jesus (85′ Vinicius Junior).

VENEZUELA XI (4-5-1): Joel Graterol; Alexander Gonzalez (90′ Ronald Hernandez), Yohan Cumana, Luis Adrian Martinez, Luis Del Pino; Bernaldo Manzano (77′ Richard Celis), Jose Martinez, Junior Moreno, Francisco La Mantia, Cristian Casseres Jr (84′ Edson Castillo); Fernando Aristeguieta (77′ Sergio Cordova).