Detak-Palembang.com AMSTERDAM – Belanda menjadi negara ketiga yang melangkah ke babak 16 besar Euro 2020. Pasukan Frank de Boer mengikuti jejak Italia dan Belgia.

Belanda mendapatkan poin sempurna atas Austria pada laga kedua Grup C Euro 2020. Tuan rumah menang 2-0 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. Memphis Depay dan kolega lolos ke fase gugur setelah mengalahkan Austria.

Belanda kini memiliki enam poin dari dua laga. Tim Oranye berpeluang menjadi juara grup karena di laga terakhir melawan tim lemah Makedonia Utara pada 21 Juni.

Sementara Austria memiliki tiga poin, sama seperti Ukraina. Kedua tim akan saling mengalahkan pada laga pamungkas untuk menemani Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020. 

Gol pertama juara Piala Eropa 1988 itu dicetak Memphis Depas melalui tendangan penalti di menit ke-11. Hadiah penalti diberikan setelah Denzel Dumfries dilanggar David Alaba di kotak terlarang.

Belanda baru bisa menggandakan skor pada menit ke-67. Lewat serangan balik, Dumfries dengan mudah menuntaskan sodoran Donyell Malen untuk menaklukan kiper Daniel Bachmann.

Hasil ini membuat Belanda memimpin klasemen dengan enam poin dan lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Di laga terakhir, Belanda akan menghadapi tim lemah Makedonia Utara, 21 Juni.

Sementara itu, Austria kini menempati posisi ketiga dengan tiga poin, sama dengan Ukraina. Kedua tim akan saling mengalahkan untuk menemani Belanda lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu pada laga grup C Euro 2020, Kamis (17/6/2021) malam WIB, Ukraina memelihara peluang lolos setelah menang 2-1 atas Makedonia. Pasukan Andriy Shevchenko kini mengantongi tiga poin.

Pada laga pertama, Ukraina kalah 2-3 dari Belanda. Itu sempat mengancam peluang mereka lolos ke fase 16 besar.

Tak heran, meladeni Makedonia Utara, Ukraina langsung tancap gas. Shevchenko memainkan formasi menyerang 4-3-3. Hasilnya, Ukraina unggul 1-0 ketika laga berumur 29 menit.

Berawal dari asis Alexander Karvaev, Andriy Yarmolenko menceploskan bola dengan leluasa lewat tendangannya. Yarmolenko kembali menjadi mimpi buruk Makedonia Utara pada menit ke-34.

Kali ini, umpan Yarmolenko berhasil dimaksimalkan Roman Yaremchuk menjadi gol. Ukraina menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Pada babak kedua, Makedonia Utara mencoba bermain lebih menyerang. GElandang, Ezgjan Alioski menjadi tumpuan untuk membongkar pertahanan Ukraina.

Makedonia Utara mendapatkan penalti pada menit ke-57. Striker Makedonia Utara, Goran Pandev dilanggar Karavaev di kotak terlarang.

Ezgjan Alioski yang menjadi algojo pada mulanya gagal mengeksekusi bola. Namun bola muntah berhasil dikonversi Alioski menjadi gol.

Enam menit jelang bubar, Ukraina sebetulnya bisa saja menambah gol. Sayang, penalti Ruslan Malinovsky diblok kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Ukraina memelihara peluang lolos. Sementara Makedonia Utara dalam posisi sulit dan harus menang besar di partai terakhir versus Belanda jika mau menjaga kans melaju ke babak gugur.