Detak-Palembang.com PALEMBANG – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, realisasi penyuntikan vaksinasi baru menyentuh 30 ribu orang dari kuota 53.200 orang lansia.

“Kami terus melakukan program vaksinasi. Untuk yang sudah vaksin pertama dan kedua sudah 30.712 lansia, atau sekitar 17 persen dari target sasaran,” ujar Plt Kabid Kesmas Dinkes Palembang, Dr Mirza Susanty, Minggu (30/5/2021) seperti dirilis laman IDN Time.

Sementara realisasi vaksinasi COVID-19 khusus dosis kedua bagi lansia, baru menyasar 27.351 orang atau 15 persen dari target keseluruhan.

“Lansia ini prioritas kami dalam program vaksinasi, karena mereka rentan terhadap COVID-19. Makanya kami akan membuat bagaimana warga lansia bisa menjangkau lokasi vaksin,” kata dia.

Dinkes setempat rutin menggelar Gebyar Vaksin Lansia. Hal ini sebagai bentuk menjemput bola ke lokasi-lokasi yang dekat dengan kediaman warga lansia.

“Kami bahkan membuka posko vaksin di Kantor Lurah atau Camat masing-masing. Sebab vaksinasi lansia terus kami kejar sampai akhir Juni nanti untuk dosis pertama,” tambahnya.

Santy melanjutkan, berbagai mekanisme realisasi vaksinasi COVID-19 untuk lansia sudah dikerahkan secara maksimal.

“Berbagai upaya telah dilakukan, dari edaran Wali Kota hingga Kemenkes sudah direalisasikan. Tapi itu semua tidak berhasil. Mereka merasa ada komorbid jadi tidak berani vaksin,” tandas dia.