Mensos Tri Rismaharini bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menyerahkan bantuan ke ahli waris brimob yang gugur serta para penyandang disabilitas di BRSPDF Budi Perkasa Palembang Sumsel (Detak-Palembang.com)

Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini datang ke Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di Balai Rehabitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Budi Perkasa Palembang, Selasa (11/5/2021).

Kedatangan mantan Wali Kota (Wako) Surabaya tersebut, dalam rangka memberikan bantuan ke ahli waris Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha, anggota Brimob asal Belitang II OKU Timur asal Sumsel, yang gugur saat diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua beberapa waktu lalu.

Bantuan yang diserahkan berupa uang santunan sebesar Rp100 juta dan piaga penghargaan Bharata (Anumerta) ke mendiang Komang.

Dalam sambutannya, Risma mewakili pemerintah pusat mengucapkan turut berbela sungkawa kepada korban Komang, yang menjadi korban kekerasan KKB Papua.

“Semoga ibu tidak menyerah, karena puteranya telah jadi kusuma bangsa, Komang menjadi pahlawan yang membantu negara,” katanya.

Menurut Risma, kondisi di Puncak, Papua memang sedang berat dan sulit. Kementerian Sosial (Kemensos) juga sudah tiga kali mengirimkan bantuan ke Puncak.

Banyak warga di Puncak Papua yang mengungsi, dari kawasan yang kerap diserang oleh KKB Papua. Sehingga logistik untuk para pengungsi sangat dibutuhkan.

“Kami beri bantuan berupa makanan. Sebenarnya saya mau ke sana, tapi tidak diperbolehkan,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan ke ahli waris anggota Brimob Sumsel yang gugur, Risma juga menyerahkan bantuan ke para penyandang disabilitas.

Seperti kursi roda untuk penyandang disabilitas, alat angkel untuk penyandang celebry palsy dan lainnya.