Pasar 16 Ilir salah satu icon Palembang

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pasar 16 Ilir salah satu icon Kota Palembang yang terkesan kumuh dan tidak terawat rencananya akan segera di revitalisasi.

Hal itu dikatakan Kepala Banwas (Badan Pengawas) Perumda Pasar Palembang Jaya Reza Pahlevi. Dia menyebutkan, Pasar 16 Ilir akan dibuat mungkin seperti Tanah Abang dan Mangga Dua merupakan pusat grosir terbesar di Jakarta.

“Kita belum mempunyai konsep revitalisasi masih digodok seperti apa. Tetapi kurang lebih seperti Tanah Abang atau Mangga Dua,”katanya Sabtu,(8/5/2021).

Menurutnya pihaknya berencana akan membangunkan eskalator dan lift untuk memanjakan pengunjung dari mulai basment sampai ke lantai empat. Konsep itu juga sama seperti Tanah Abang dan Mangga Dua.

“Kita utarakan itu respon para pedagang bagus sekali. Mereka mala menunggu kapan ada berbaikannya,”ucapnya

Diakuinya di Pasar 16 Ilir yang terisi hanya basment, lantai 1 dan lantai 2. Sedangkan lantai 3 dan lantai 4 kosong.

“Untuk lantai 3 dan lantai 4 masih kita kaji sama-sama akan diperuntukkan untuk apa,”jelasnya.

Disinggung kapan revitalisasi akan dilakukan. Lalu soal revitalisasi dilakukan Pemkot atau pihak ketiga serta berapa dana akan di gelontorkan.

Dia menjawab sebenarnya pengelola Pasar 16 Ilir, dikendalikan PT Gandha Tata Prima (GTP) sesuai kontrak dibuat tahun 2013 baru selesai pada tahun 2033.

“Soal pengelolaan masih GTP, makanya kami harus berbicang dulu. Sekarang kami masih melakukan start awal terkait dana dan semuanya belum dibicarakan.Tapi rencananya akan kita revitalisasi di tahun ini,”pungkasnya

Disisi lain pihaknya juga akan merapikan lokasi Pasar 16 Ilir yang padat. Kemungkinan pedagang yang berjualan berkeliaran di akses jalan Pasar 16 Ilir akan diberikan tempat di dalam Pasar 16 Ilir.