Detak-Palembang.com – Palembang , Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumsel mengeluarkan maklumat terkait menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Berdasarkan edaran yang di terima awak media detak-palembang.com , Maklumat Dewan Pimpinan MUI Provinsi Sumsel Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H Nomor : 002.MUI-SS/V/2021 tertanggal 5 Mei 2021 diantaranya menyatakan Sholat Idul Fitri sangat di sunnahkan untuk di laksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushollah dan tempat lainnya dengan memperketat protocol kesehatan.

Maklumat tersebut di tandatangani oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Sumsel, KH Amin Dimyati Hamzah SH dan Sekretaris, Drs KH Isa Anshari M Lc MHum, Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Sumsel, Prof Dr KH Aflatun Muchtar MA dan Sekretaris Umum, KH Ayik Farid Alaydrus.

Pada maklumat tersebut Umat Islam di sunnahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan menggemakan takbir, tahlil dan tahmid. Pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri juga di sesuaikan dengan keadaan dan durasi khutbah ke 1 dan 2 maksimal 20 menit dan di sarankan untuk membaca qunut nazilah pada rakaat kedua.

Namun pada pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 H MUI Sumsel mengimbau agar MUI kabupaten/kota tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid 19 di daerah masing-masing.

Mengenai perhitungan Hisabiyah 1 Syawal 1442 H yang jatuh pada Kamis (13/5/2021), MUI Sumsel masih akan merujuk pada keputusan Sidang Isbat Kementrian Agama Republik Indonesia.