Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan kata sambutan usai meresmikan Kampus B dan Rumah Moderasi Beragama UIN Raden Fatah Palembang (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Detak-Palembang.com)

Detak-Palembang, PALEMBANG – Kampus B dan Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), diresmikan pada hari Selasa (24/5/2021) siang.

Pembangunan kampus yang bersumber dari Pinjaman Hibah Luar Negeri Islamic Development Bank (IsDB) dengan biaya sekitar Rp430 miliar tersebut, diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Menag Yaqut mengatakan, pembangunan bangunan UIN Raden Fatah Palembang tersebut, dinilainya berbeda dibandingkan yang lain. Namun dia berharap, tidak hanya sekedar membangun fisik saja, tapi juga meningkatkan fasilitas dan pengajarannya juga.

Bangunan kampus baru UIN Raden Fatah Palembang, diharapkannya tidak hanya mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten untuk Sumsel saja, tapi bisa berkontribusi hingga tingkat nasional dan mancanegara.


Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru, saat meresmikan Kampus B dan Rumah Moderasi Beragama UIN Raden Fatah Palembang (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Detak-Palembang.com)

“Jangan ada korupsi di lingkungan kampus, jangan ada plagiat dan semua prestasi yang diraih UIN Raden Fatah Palembang adalah kerja keras bersama, “ katanya.

Yaqut mengungkapkan, eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) saat ini terus diperhitungkan.

Bahkan para alumninya juga, sudah menyebar di segala lini dan jabatan strategis di berbagai bidang. PTKIN juga akan terus membenahi manajemen penyelenggaraan pendidikan, agar terus professional.

Hal tersebut dilakukan, untuk menjawab tantangan zaman terutama era revolusi industry 4.0.