Poster ucapan May Day @detak-palembang.com

Detak-Palembang.com NASIONAL – Hari ini tepat tanggal 1 Mei 2021 adalah peringatan Hari Buruh atau May Day dan menjadi libur Nasional di Indonesia sejak 2013 hingga sekarang.

Nah ini kata-kata ucapan peringatan May Day dirangkum Detak-Palembang.com untuk dijadikan status media sosial atau dikirimkan ke rekan sejawat :

“Selamat Hari Buruh. Ini adalah hari di mana para pekerja menempatkan perbedaan pada segalanya.” – John Locke

“Semua tenaga kerja yang mengangkat kemanusiaan memiliki martabat dan kepentingan dan harus dilakukan dengan keunggulan telaten.” – Martin Luther King Jr

“Buruh adalah prioritasmu, dan independen, serta modal. Modal hanya buah dari kerja, dan tidak akan pernah ada jika tenaga kerja tidak pertama ada. Buruh adalah modal yang superior, dan pantas banyak memiliki pertimbangan yang lebih tinggi. Selamat Hari Buruh.” – Abraham Lincoln

“Pekerjaan bukanlah hukuman bagi manusia. Ini adalah hadiah dan kekuatan dan kesenangan. Selamat Hari Buruh.” – George Sand

“Di mana ada pekerja, disanalah ada sebuah negara. Selamat Hari Buruh.” – Evita Peron

“Selamat Hari Buruh. Semoga perjuangan buruh untuk kepastian masa depan buruh dan keluarganya terwujud.” – Prabowo Subianto

“Percayalah bahwa usaha tidak pernah mengecewakan anda, nikmati prosesnya petik hasilnya”

“Selamat merayakan hari buruh, semoga semua jerih payahmu terbayar lunas”

“Pekerja adalah aset merupakan aset besar yang dimiliki oleh setiap bangsa, selamat merayakan hari buruh”

“Keringatmu adalah jerih payahmu, usahamu adalah ceriminan dirimu. Selamat Hari Buruh 2021.”

Sejarah Hari Buruh (May Day)

Peringatan hari buruh adalah sebuah hari yang memperingati hari dimana para buruh di Amerika Serikat menuntut hak-haknya. Tepatnya pada tanggal 1 Mei 1886 ada sekitar 400.000 buruh berkumpul untuk menuntut pemotongan jam kerja, faktanya para buruh harus bekerja 12 jam dalam satu hari bahkan tanpa batasan waktu yang ditentukan.

Para kelompok kapitalis pasca Revolusi Industri adalah oknum yang bertanggung jawab atas kebijakan tersebut, kejadian tersebut terjadi di Chicago dimana para buruh menggelar demonstrasi tepatnya di Haymarket Square. Demo yang berlangsung selama 4 hari berturut-turut tersebut ini dikenal dengan tragedi Haymarket yang memakan 15 korban jiwa.

Selanjutnya pada tahun 1889 Juli Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di kota Paris menetapkan bahwa tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia. 1 tahun selanjutnya kaum buruh di seluruh dunia memperingati hari tersebut sebagai May Day sebagai bentuk solidaritas.

DI Indonesia sendiri hari buruh baru mulai diperingati pada tahun 1920, namun harus anda ketahui bahwa ketika masa pemerintahan Orde Baru hari buruh tidak lagi diperingati karena disinyalir terhubung dengan kejadian G30SPKI pada 1965.

Peringatan Hari Buruh baru ditetapkan sebagai hari libur Nasional pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tepatnya pada 2013.