Detak-Palembang.com – Aceh Besar , Bintara Pembina desa (Babinsa) Koramil 02/Suka Makmur, Aceh Besar Serda Heri Purwanto mendampingi dan membantu warga desa binaanya yang berprofesi sebagai pengrajin pembuatan Rencong khas senjata Aceh di Desa binaannya di Baet Masjid, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh besar, Rabu (26/5/2021).

Menurut Serda Heri rencong sebagai senjata khas Aceh sejak zaman dulu juga memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan saat ini rencong menjadi sebuah sovenir khas Aceh. Yang menjadi cendra mata bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh.

Dalam kunjungan ini bertujuan untuk memberikan semangat serta mensupport para pengrajin untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil dan kualiatas khususnya dalam pembuatan rencong.

Tidak lupa, kepada para pengrajin Serda Heri purwanto juga berpesan agar selalu mentaati peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan penggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan mengingat hingga detik ini pandemi Covid-19 belum usai.

“Diharapkan kedepan, para pengrajin di desa Baet Masjid bisa meningkatkan hasil dan kualialtas rencong aceh. Tidak cuma membuat rencong aceh, penempahan parang, sabit juga harus ditingkatkan, dikarena semua itu juga salah satu kebutuhan berkebun dan beternak dalam aktifitas sehari-hari,” pungkasnya.