Detak-Palembang, PALEMBANG – Warga Jalan Pipa Reja Kecamatan Kemuning ternyata selama 31 tahun menjadi korban banjir. Hal itu terkuak saat Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda melakukan kunjungan Senin, (31/5/2021).

“Ini sudah 31 tahun lamanya tamu tidak diundang ini (banjir) datang terus,” kata Atun (54) warga setempat saat mengadukan ke Wawako.

Diakuinya banjir seakan-akan sudah sangat akrab dengan warga sekitar. Hal itu menjadi pemandangan sehari-hari apabila terjadi banjir.

“Banjir sudah menjadi makanan pokok kami, saat hujan datang,” ungkapnya.

Dia berharap kedatangan Wawako masalahnya 31 tahun itu bisa dituntaskan.

“Semoga kami tidak menderita banjir lagi,”harapannya.

Sementara itu Wawako langsung memeriksa penyebab banjir bertahun tahun itu. Dia menemukan penyebab banjir dikarenakan adanya pendangkalan kolam retensi yang tidak jauh dari pemukiman warga.

“Kita secepatnya akan melakukan normalisasi, sehingga apabila hujan, kolam rentesni bisa menampung debit air lebih banyak lagi,” kata Finda

Finda meminta pihak Kecamatan dan warga sekitar membantu bilamana permukiman liar yang menutupi saluran air bisa dibongkar.
 
” Seandainya ada permukiman yang sifatnya liar dan menutupi saluran air agar di bongkar sehingga tidak menimbulkan banjir,” ujarnya.
 
” Jadi kami mohon untuk seluruh warga untuk menyadari bahwa ini untuk kepentingan bersama,”pungkasnya